30 September 2007

SMP Nasima Kunjungan Belajar ke UNNES

Kamis, 29 September 2008 ada kunjungan belajar ke UNNES. Hore! Aku suka deh kalau ada kegiatan kunjungan belajar.

Di FMIPA, aku masuk ke Laboratorium Biologi dan Laboratorium Fisika. Lab Biologi terdiri dari 3 lantai. Lantai 1, untuk uji bahan makanan. Lantai 2 berisi sample sel-sel darah dan rangka asli manusia. Rangka itu udah ada sejak 10 tahun yang lalu. Waktu baru beberapa bulan rangka itu dipindahkan ke Lab, malam-malam sering ada bunyi yang mencurigakan. Serem tapi seru. Lantai 3 berisi berbagai hewan yang diawetkan. Mulai dari ular, kodok, laba-laba, kupu-kupu, ayam, trenggiling, ikan, lintah, buaya, kelelawar, sampai monyet. Bu sih tapi seru. Ini pengalaman pertama lihat hewan diawetkan. Di Lab Fisika, rombongan dibagi menjadi beberapa kelompok. Kita coba tabung resonasi, bandul pegas, dan listrik.

Di Lab Matematika, aku menyusun apa ya namanya? Tau deh… Pokoknya kayak menyusun puzzle dari kayu. Udah dicoba berulang kali sampai 100 tahun, tetep aja kita nggak bisa nyusun puzzle itu.

Di FMIS, diterangkan mengenai berbagai peninggalan peradaban Indonesia di masa lalu. Ada replika candi dan arca, alat musik tradisional, miniatur rumah adat, pakaian adat, dll. Sekarang kan lagi tren budaya Indonesia dicuri Malaysia. Mulai dari lagu Rasa Sayange, Reog Ponorogo, sampai batik. Dasar Malaysia tukang copet. Aku juga masuk ke perpustakaan FMIS. Disana, aku dan temen-temen lihat hasil skripsi guru sejarahku (Pak Tito) yang mantan anak FMIS.

Jam 13.30 aku udah ngantuk banget. Akhirnya anjem datang juga dan aku langsung pulang ke sekolah. Habisnya pusing. Di UNNES panas banget. Capek tapi seneng soalnya dapet pengalaman baru. Untung sekolahku sering ngadain pembelajaran outdoor :)

Tidak ada komentar: