27 Desember 2008

Kota Semarang

Entah lagi kesambet apa, tiba-tiba aku lagi pengen cerita tentang kota Semarang, kota tempatku idup sekarang. Jadi gini, sebenernya keluargaku nggak ada yang berasal dari kota lumpia ini. Aku tuh lahir dan idup di Jakarta sejak taun 1993. Berhubung Ayah kuliah dan kerja di Semarang, akhirnya aku pindah ke Semarang taun 2000. Semula, aku kira Semarang itu DESA. Ya, DESA. Gak ada jalan raya, gak ada bioskop, gak ada mall. Pikiran bodoh macam apa itu.

Tau nggak pengalaman pertamaku sekolah. Buruk. Jadi waktu itu kan hari Senin, terus aku pake seragam SD-ku dulu, baju putih + rok putih. Eh ternyata di Semarang tuh pakenya baju putih + rok merah. Aku udah mulai ngerasa minder tuh. Terus tuh ya, ada yang nanya, "Jenengmu sopo?". Buset. Ni orang ngomong pake bahasa apaan sih. Aku diem aja. Eh dia malah ngulang pertanyaannya sampe 3 kali.

Ada kejadian lagi nih. Waktu itu, pertama kalinya aku ngerjain ulangan Bahasa Jawa. Ya Allah, aku bener-bener nggak ngerti itu soal nanya apa, jawabnya gimana. Kepala udah mulai puyeng liat soal-soal berbahasa monster gitu. Aduh aduh pusing deh. Terus masa tiba-tiba AKU MUNTAH. Yaudah, akhirnya aku sukses dipulangkan dan nggak ikut ujian bahasa Jawa.


ini daerah tugumuda, tiap hari aku lewat sini


bangunan paling keren di semarang, lawang sewu


Oke. Sebenernya aku mau cerita tentang KOTA SEMARANG. Bukan tentang PENGALAMAN PERTAMAKU DI KOTA SEMARANG. Oke, kembali ke jalan yang benar. Ada bagian kota Semarang yang menurutku paling menarik buat dilihat. Yep, daerah Kota Lama. Pada tau film Ayat-ayat Cinta sama video klip-nya Andra yang Hitamku kan? Nah, itu syutingnya di Kota Lama lho.

Seperti namanya, Kota Lama emang bener-bener kota dalam wujud lama alias kuno. Kota Lama biasa disebut outstadt alias belanda mini. Kalo kamu dateng ke Kota Lama, rasanya kayak kembali ke masa lalu deh. Di Kota Lama banyak bangunan bersejarah. Misalnya Stasiun Tawang, Gereja Blenduk, dll.


gereja paling tua di semarang, gereja blenduk

daerah yg oldish and menawan, KotaLama

Nggak jauh dari Kota Lama dan nggak jauh dari sekolahku, ada bangunan paling artistik di Semarang. Lawang Sewu. Pada tau Lawang Sewu nggak? Aduh, idup kemana aja selama ini kalo nggak tau Lawang Sewu. Secara syuting Ayat-ayat Cinta juga disini, Dunia Lain Trans TV juga pernah uji nyali sisini. Udahgitu, kan ada film horror yang judulnya Lawang Sewu. Lawang Sewu alias Pintu Seribu alias Thousand Doors nggak bener-bener punya seribu pintu. Cuma beberapa ratus pintu aja kok. Dilihat dari depan, Lawang Sewu begitu indah menawan (apaan sih). Dalemnya, wuah bener-bener oldish dan megah banget!!! Kayak istana gitu deh. Oia, Lawang Sewu punya lorong bawah tanah lho! Aku pernah masuk kesitu juga. Lorongnya sempit, pengap, becek, dan tentunya nggak ada ojek. Lorong bawah tanah itu bekas tempat penjara dan pembantaian jaman Belanda. Serem!!!



Tidak ada komentar: