23 November 2008

Pulau Tirang

hutan bakau di sekitar Pulau Tirang


nanam mangrove
ini bibit mangrove yang udah bertunas

naik perahu yuuk!

Hari Minggu, 23 November 2008, eksul pecinta alamnya smaga yaitu GAPUTA (Ganecha Putra Tama) ngadain acara “Mangrove for Life” di Pulau Tirang. Pulau Tirang dulunya jadi satu sama Semarang, tapi karena efek global warming, yaitu kenaikan air laut, pulau itu jadi terpisah deh. Lokasinya di Semarang Barat.

Ada pembagian kelompok dan aku masuk kelompok 6 yang ketuanya Gema. Terus, sebelum berangkat, semua anak gandengan gitu di sekeliling kanopi. Kita berdoa sama ngucapin semboyan GAPUTA, yaitu “Tabah Sampai Akhir”. Maksudnya apaan tuh ya?

Jam 8.00, anak-anak yang terdaftar di bis 1 langsung berangkat. Sementara aku sama anak-anak yang nasibnya kurang beruntung alias terdaftar di bis 2, harus nunggu dulu soalnya bis 2 telat. Hiks. Belom apa-apa udah sial. Sambil nunggu bis, kita kenal-kenalan gitu sambil makan-makan. Eh ternyata Amel (pacarnya Rio) ngebet banget pengen makan mie remez. Gyahaha. Beberapa lama kemudian, bis 2 nongol juga. Terus aku duduk di sebelah Ifa.

Kita diturunin di suatu tempat yang kanan kirinya tuh empang/ tambak. Terus jalan jauuuh banget. Aku sempet kecewa dan mikir “Mana laut? Mana pulau?”. Banyak jembatan dari kayu yang harus diseberangin (dari dulu aku benci banget sama jembatan). Terus kita harus lewat lumpur-lumpur yang lembek gitulah. Sampe pada akhirnya hal yang buruk terjadi. Waktu aku mau nyebrang jembatan yang terakhir, aku kepleset! Sial! Bajuku jadi kotor deh.

Abis itu kita mau menuju pulau naek motorboat alias sampan. Rada ngeri gitu soalnya sampannya terombang-ambing. Dan pada akhirnya.... sampe juga di Pulau Tirang. BAGUS BANGET!!! Aku nggak nyangka Pulau Tirang kayak gini. Terus, aku langsung maen air sama temen-temen. Kita juga kena virus HIV (Hasrat Ingin Voto). Wkwkwk.

Terus, kita nanam mangrove di pinggir pantai. Waa, mana panas banget pula. Kulitku sampe item (padahal udah pake sunblock). Tapi nggak papa deh, demi alam. Abis itu, kegiatannya mungut-mungut sampah. Waktu lagi ngumpulin sampah plastik sama senior, kita lihat lele jumbo yang terdampar! Wew, keren kan... Jam 1 siang, jadwalnya makan. Kita semua jalan ke ujung pulau buat nyari tempat yang teduh gitu. Terus kita dikasih makan siang. Menunya nasi putih, telur dadar, gudeg, dan mie bihun. Aku makan sama kelompokku tentunya. Abis itu acara bebas. Main air sambil foto-foto. Yang mau shalat Zuhur bisa wudhu pake air laut. Terus shalat di pasir, alasnya jas ujan.

Terus kan jam 3 kita mau pulang. Ternyata air laut udah pasang! Jadi basah-basahan lagi deh. Terus aku jalan ke tengah laut biar bisa cepet naik sampan. Akhirnya berhasil. Tak disangka tak dinyana, kakiku berdarah oi! Biarlah. Terus sampe darat, kita jalan jauh lagi. Terus naik bis dan pulang. Sekian. Nice moment.



22 November 2008

Anak Gaul DP Mall

Hari Sabtu, 22 November 2008, aku, Rahma, Ifa, Savira, Intan, Ais, Bintang, Oza, Tegar dan Enggar langsung terbang ke DP Mall. Niatnya mau jalan-jalan aja. Kita main di Game Fantasia. Kita tuh dibikin emosi gara-gara game “menjatuhkan koin”. Itu lho game yang kalo kita masukkin koin ke dalamnya, ntar koin yang ada di dalem bisa jatuh lagi. Aduh susah deh jelasinnya. Aku sama Bintang langsung KanKer (kantong kering) gara-gara game itu. Ibu-ibu yang maen disebelah kita dapet koin banyak euy!!! Weleh-weleh, ibu-ibu kok mainan beginian. Hihihi.

Aku juga main air hockey sama Tegar. Terus, aku sama Rahma ngeliatin sepasang kakak-adek yang maen air hockey juga. Adeknya lucu deh. Imut. Dia bukannya ngelihatin bolanya, eh malah ngelihatin aku sama Rahma. Terus kan kakaknya yang menang, si adek protes sama aku, “kok tiketnya nggak keluar disini?”. Ya jelaslah… Kan kamu yang kalah, dek…

Ups. Udah jam 2 lewat. Akhirnya kita-kita yang pada belom shalat Zuhur langsung ke mushola. Berhubung aku lagi M, aku nunggu di luar mushola. Udah gitu si Tegar tanya pula kenapa aku nggak shalat. Yaelah…

Waktu kita lagi jalan ke luar DP Mall, tiba-tiba ada cewek bernama Della Rimawati jalan di samping kita, dia dadah-dadah sambil ngomong, “Oza!”. Eh terus si Tegar niru gayanya Della. Hwakakak!!!

Abis itu, Rahma sama Ifa kan mau maen ke rumah Ais. Ya mereka sih enak sama-sama anak daerah Banyumanik. Kan aku daerah Sampangan. Jadi aku nggak bisa ikut maen ke rumah Ais. Yasudahlah, it’s a nice day!


19 November 2008

Tikus di X5

Hari Rabu, 19 November 2008, ada “keributan besar” di kelasku. Semuanya berawal saat istirahat ke-2 hampir selesai. Tukutuk… tukutuk… cit… cit… “TIKUS!!!!” teriak seseorang. Wew, semua orang langsung naik ke atas meja (termasuk aku). Tikus mini nan cilik itu lincah banget! Beberapa anak cowok nguber-nguber hewan item itu. Waktu si tikus ngumpet di balik pintu, Rahma sempet-sempetnya foto tu tikus pake hape. Bintang malah sempet ngerekam kegiatan nguber tikus. Terus, si tikus lari ke arah computer. Abis itu mengilang entah kemana.

Apakah keadaan menjadi tenang kembali? Ohoho tidak! Beberapa menit kemudian, si tikus muncul lagi. Setelah lari kesana kemari, Aji berhasil nangkep si tikus. Akhirnya tikus itu ditaruh di kelas X7. Hihihi. Selang beberapa menit, teriakan mulai terdengar dari kelas X7. Hehehe.

Waktu pulang sekolah, si tikus masuk lagi ke kelasku! Huh! Sial!

16 November 2008

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

Hari Jum’at, aku sama Defa ke SMP Nasima buat ngambil NISN. Waktu sampe disana, kita ngobrol-ngobrol dulu sama Pak Nug (satpam). Kata Pak Nug, kalo mau ngambil NISN tuh harus nemuin Pak Parlan di ruang guru. Yaudah, kita kesana. Disana, kita nggak nemuin batang hidung Pak Parlan. Kita malah nemuin Bu Titin. Kata Bu Titin, kalo mau ngambil NISN tuh harus nemuin Bu Nurul di TU. Ternyata TU yang dulu ada di Ruang Cirebon tuh pindah ke Ruang Surakarta (pindah di ruang sampingnya). Nah, di TU kita ketemu Bu Rita. Kata Bu Rita, kalo mau ketemu Bu Nurul di Ruang Kepsek. Akhirnya kita ke Ruang Kepsek dan berhasil nemuin Bu Nurul.

Yang bikin gondok, ternyata kata Bu Nurul kemaren si Arun sama Rio udah kesana buat ngambil NISN semua anak SMP Nasima yang sekolah di SMA 3. Tapi Arun sama Rio nggak bilang apa-apa ke kita. Sebel. Abis itu, kita ngobrol-ngobrol dulu sama Kartika.

Setelah puas ngobrol-ngobrol, kita mau balik ke gerbang sekolah. Eh ternyata malah gerbangnya dikunci!!! Maklum semuanya lagi shalat Jum’at (termasuk Pak Nug). Jadi kita terpaksa nunggu. Sambil nunggu, aku pesen mie rebus di warung depan sekolah. Berhubung kagak bisa keluar gerbang, piringnya disalurin lewat celah-celah gerbang. Abis itu, aku balik lagi ke SMA 3 soalnya ada eskul ECC gitu deh…

14 November 2008

GADIS ke SMAGA


Hari Jum’at, 14 November 2008, ada tamu istimewa di sekolahku. Majalah GADIS datang!!! Ada acara lomba mading antarkelas. Temanya adalah “Jerawat Pertamaku”.

Nama mading kelas X5 tuh JERAWAT (Jeritan Para Wanita). Aku nyumbangin 3 artikel. Pusi, jenis-jenis jerawat n’ fakta mitos seputar jerawat. Pagi-pagi buta anak X5 udah sibuk banget bikin mading. Kertas untuk ukuran madingnya disuruh A1. Tapi gawatnya, nggak ada satupun diantara kami yang tau ukuran A1 tuh seberapa! Celaka 13 kan! Akhirnya kelasku bikin 2 mading! Mading yang satunya ancur =_=

10 November 2008

Pak Kasmani Meninggal

Kemarin aku dapet sms dari temenku, katanya Pak Kasmani (guru fisika) meninggal dunia. Innalillahi wa innailaihi raji'un. Waktu itu aku bener-bener nggak percaya. Katanya sih meninggalnya gara-gara jatuh dari motor pas mau ziarah ke Gua Maria.

Hari ini, 10 November 2008 ada upacara di sekolah dalam rangka hari pahlawan. Abis itu pelajaran 3 jam. Terus, aku, Tika, Ike, Ilma, Denisa dan Aryo langsung ke rumah Pak Kasmani naik taksi. Alamatnya di Jl. Panda Tengah No. 1, Pedurungan. Disana, aku liat mayat Pak Kasmani di dalam peti pake baju adat jawa. Mukanya pucat, pipinya lebam. Nggak mirip sama Pak Kasmani! Ini pertama kalinya aku ngelayat ke rumah orang non-islam. Ternyata ada doa-doa gitu deh (doa sambil nyanyi tentunya).

Pak Kasmani, aku dan temen-temen kelas X5 bener-bener minta maaf ya. Kami emang nakal, nggak pernah merhatiin pelajaran, dll. Semoga Pak Kasmani tenang di alam sana. Aku baru sadar bahwa ternyata kematian bisa datang kapan aja.



06 November 2008

Happy Birthday My Blog!

Halo blogku! Hahaha. Sebelumnya aku mau minta maaf sama kamu karena aku lupa kamu ULANG TAHUN. Padahal ulangtahunnya udah sebulan yang lalu tapi aku baru inget sekarang. Maaf ya.

Oia, aku mau cerita tentang sejarah blog-ku ini. Jadi gini, keinginan bikin blog tu sebenernya udah lama banget. Tapi berhubung aku nggak ngerti caranya ya ditunda-tunda. Terus aku tanya sama Menur gimana cara bikin blog. Abis itu Menur dikasih tau kakaknya. Nah, setelah Menur punya blog, aku diajarin cara bikinnya. Waw, thanks ya Menur. Kamu baik hati dan tidak sombong. (Menur baca ini langsung hydrocepalus/ gede kepala). Aku bikin blog ini waktu pelajaran TIK di SMP Nasima.

Pertamanya nama blog ini adalah thefunworldofazka.blogspot.com. Tapi setelah aku ngerasa bahwa blog ini namanya kepanjangan kayak kereta api, aku berpikir keras cari nama yang pas buat blog-ku ini. Akhirnya aku dapet ilham. Alamat blog ini kuganti jadi thefundiary.blogspot.com dan itu masih berlanjut sampe sekarang.

Terus aku pengen template blog-ku beda dari yang lain. Tapi aku masih nggak tau gimana caranya ganti template. Dan akhirnya waktu hari Sabtu pas kelas 3 SMP, aku, Menur, Dhea, Tyas, Siwi sama Rio melancong buat ngenet. Akhirnya kita ngenet di JDC di Jl. Imam Bonjol. Disana aku berhasil ganti template untuk yang pertama kalinya, diajarin Menur (lagi).

Setelah itu, aku beli buku MEMBUAT BLOG DENGAN BLOGSPOT karya Ridwan Sanjaya. Tuh buku bener-bener ngebantu aku dalam masalah blog. Makasih Pak Ridwan. You’re my hero!

Dan alhamdulillah berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan keinginan luhur untuk berkebangsaan yang bebas, maka Nadia Azka menyatakan bahwa dia masih menulis blog ini. Plok plok plok (suara tepuk tangan).

Sekian. Semoga blog ini panjang umur.

Happy Birthday SMAN 3 Semarang!

Beberapa hari yang lalu, aku baru aja selesai MID SEMESTER. Susah banget! Hiks. Hiks. Hiks. Tapi akhirnya selesai juga. MID semester kali ini, ruangannya enggak di kelas. Kelasku X5 bareng kelas XI IA 5. Masing-masing ruang 50% dari X5, 50% dari XI IA 5. Aku duduk sama mas-mas yang namanya Naufal Adam. Dia hebat, MID Semester bawa hape! Gila! Untung aja dia nggak ketauan sama guru.

HARI KAMIS
Dimas, sang ketua kelas nunjuk aku, Vivin, Ifa, Tegar, dan Oza untuk ikut lomba menghias tong sampah. Oke, oke. Aku setuju. Aku bingung mau bawa apaan dari rumah. Akhirnya aku bawa peralatan seadanya aja, yaitu cat minyak, 2 kuas gede, dan cat poster warna putih.

Lokasi lombanya di lapangan voli. Aku sama temen-temen mulai bikin nyetak pola pake pilox di bagian bawah n’ atas tong sampah. Sebenernya kita nggak cuma ngerjain berlima doang. Temen-temen yang lain ikut bantu.

Usai lomba menghias tong sampang, aku ikut lomba paduan suara menyanyikan mars sma 3 semarang. Kelasku emang kurang latihan sih. Tapi oke juga kok.

HARI JUM’AT

Ada jalan sehat nih. Rutenya dari Jl. Pemuda -> Jl. Pandanaran > Jl. MH. Thamrin. Ya ampun, aku bener-bener bingung sama kegiatan ini. Tujuannya apaan, sih?


Waktu nyampe di sekolah, aku langsung copot alas kaki. Yap, aku nyeker. Kuku kakiku agak lecet. Awalnya temen-temen bingung mau ngapain di hari yang kegiatannya nggak jelas gitu. Untungnya, Thomas bawa VCD. Ada Final Destination 3, Speed Racer, etc. Kita-kita milih Final Destination 3 buat ditonton di kelas. Seketika suasana jadi tegang. Hiii…!!! Ya film-nya emang seru banget.

Berikutnya, ada acara bersih-bersih kelas. Mau tau apa yang aku lakukan? Ndomblong. Kagak ngapa-ngapain. Hehehe. Cuma ngeliatin temen-temen nyapu aja. Pulang sekolah, aku, Ilma, sama Ike jalan-jalan nggak jelas ke DP Mall. Ternyata lagi ada pameran computer. Kita sih liat-liat aja, enggak beli. Cuci mata gitu. Hehehe.

HARI SABTU

Inilah hari yang ditunggu-tunggu. HAPPY BIRTHDAY SMA 3 SEMARANG! Gila ni sekolah udah butut banget ya. Udah 131 tahun.


Pagi-pagi buta udah langsung upacara. Mana upacaranya lama banget pula. Abis upacara, ada demo 4P (Paskibra, Pramuka, PMR, PKS). Tapi sebelum demo 4P, ada demo dari klub seni (ex: Ansamble, Padus, Karawitan, Tari). Oke. Oke. Kembali ke jalan yang benar. Kembali ke demo 4P. Demo Paskibra itu upacara. Demo Pramuka keren abis oi! Tentang perang-perang gitu deh. Demo PMR juga bagus. Tentang kehidupan masa penjajahan. Demo PKS juga lucu. Baris-berbaris gituuu. Ada cheerleader smaga juga lho! Oke. Oke.

Disela-sela demo 4P. Aku sama Amanda tuh dehidrasi. Kehausan gitu deh. Kita berniat ke koperasi atau kantin buat beli minum. Tak disangka-sangka, ternyata enggak boleh masuk ke gedung sekolah! Pas aku sama Amanda mau kabur ke koperasi, kita malah dimarahin sama anggota SSC (School Security Club). Sok ye -..-

cheerleader
demo Pramuka (Korp Soeringgit)