25 Juni 2010

Cita-cita

Cita-cita tiap orang pasti berubah-ubah. Cita-cita kita sewaktu masih polos saat TK pasti berbeda dengan cita-cita kita saat ini yang berstatus sebagai ababil alias ABG labil. Cita-cita berubah seiring perubahan pola pikiran kita.

Cita-cita anak kecil lebih rumit karena pikiran mereka simpel. Mereka selalu bercita-cita tinggi macam presiden, pilot, ilmuan, dll. Karena pikiran mereka sederhana alias simpel, mereka nggak pernah memikirkan bagaimana cara agar mereka bisa meraih cita-cita itu. Cuma satu yang mereka tau --> rajin belajar. Dengan begitu mereka pikir akan mudah mencapai cita-cita yang mereka inginkan.

Cita-cita remaja seperti kita lebih simpel karena pikiran kita rumit. Berbanding terbalik dengan cita-cita anak kecil. Kita lebih memilih cita-cita yang wajar, yang nggak susah-susah amat untuk dicapai. Karena pikiran kita rumit. Kita mulai pesimis, bisakah kemampuan kita yang hanya seperti ini meraih cita-cita? Karena di usia yang mulai dewasa ini kita mulai paham bahwa persaingan dunia begitu ketat, rajin belajar nggak cukup untuk mencapai cita-cita. Butuh kemampuan sosialisasi yang baik dan relasi di berbagai perusahaan.

Seiring berubahnya cita-cita kita, kita harus sadar bahwa kita bukan lagi anak kecil yang selalu bermimpi tanpa mengetahui betapa sulitnya menggapai cita-cita. Tapi satu yang bisa kita tiru dari anak kecil, berpikir postitif :)




Tidak ada komentar: