31 Juli 2010

Pesantren Ramadhan 2005

Aku mau cerita soal "Pesantren Ramadhan". Di sekolah negeri nggak ada beginian, adanya cuma Pesantren Kilat. Aku mau cerita yang pas tahun 2005. Pas aku masih kelas satu SMP, lokasinya masih di Puspanjolo. Ini pesantren yang paling berkesan menurutku.

Aku dateng siang sekitar jam satu bersama keluarga hahaha. Ngangkutin barang-barang dari mobil menuju kamarku yg lokasinya di lantai tiga. Berat, aku bawa kasur lipat, guling, bantal, bed cover, koper, empat botol gede aqua, snack, wakaka banyak banget lah. Ternyata kamarku udah penuh oi. Udah pada dateng. Jadinya aku dapet di pojokan, di sebelah kasurnya Tyas. Satu kamar isinya 20 orang. Ada dari 7a (kelasku), 7b, dan kakak kelas 8a.

Kita ngobrol-ngobrol satu kamar dan sialnya ternyata ada gosip buruk mengenai kamar yg kita pake (ruang kelas 4 SD). Dulu ada anak berinisial M (penderita leukimia) yg meninggal disitu. Kabarnya dia sering main bekel di pojokan. Gyaaaa kasurku kan di pojokan!!! Kalau si M masih hidup, sekarang dia udah kelas dua SMP. Aku langsung tanya Mbak Shinta (kakak kelas yg dulu alumni SD Nasima). Ternyata beneran kalo si M suka main bekel di pojok kelas.

Malam pertama pesantren, AKU NGGAK TIDUR. Mana lampu kamar dimatiin, jadi tambah takut. Paginya abis solat duha ada acara baca Al-Qur'an di hall, AKU TIDUR hahaha. Malem-malem pas tarawih, aku dan Tyas cuma ikut beberapa rakaat. Selanjutnya TIDUR sampe selesai kultum. Gayaku sujud melulu padahal tidur. Trus kalo mulai witir, aku dibangunin kakak kelas, habis itu solat lagi wkwk padahal kalo tidur wudhunya batal.

MANDI
Hari pertama bingung mau mandi dimana. Kamar mandi deket kamarku penuh antrian. Jadi aku numpang mandi di rumah Arun. Rumahnya di belakang sekolah. Banyak juga kakak kelas yg numpang mandi disana. Abis mandi, aku ke wartel sama Mbak Sinta. Berhubung nggak boleh bawa hp, jadi kalo mau telpon ke wartel. Sekalian jalan-jalan pagi keliling puspanjolo. Abis itu ke hall, nontonin Mbak Siska main dakon. Sempet ya bawa beginian.

Aku sempet main ke kamar sebelah juga. Gila si Arun nggak bawa kasur, cuma bawa karpet doang. Laras cuma ikut pesantren satu hari doang. Dia bawa springbed ukuran double!!! Waktu dia pulang, spring bednya malah ditinggal. Langsung aja dipake Arun buat tidur.

ESQ
Agak nyebelin nih. Tiap malam abis tarawih kan udah ngantuk. Tapi malah ada acara beginian melulu. Mau nggak mau pasti kebawa suasana dan jadi nangis waktu acara ini. Ohiya ada kejadian bego seputar ESQ. Malam itu, ada ESQ. Aku males dengerin jadi aku TIDUR aja hahaha. Aku masih pake mukena bekas solat tarawih. Tiba-tiba pas aku bangun, semua orang nangis. Aku bingung malam ini ESQ lagi bahas apaan. Di sebelahku ada Anin lagi nangis meraung-raung (serius). YAUDAH AKU IKUT NANGIS AJA. Wakakak. Terus kita nangis sambil peluk-pelukan gitu. Ternyata tema ESQ malem itu "dosa kpd orang tua".

ADA SETAN?
Habis ESQ, biasanya ada jam kunjung keluarga. Sekitar jam sepuluh malem, orangtua kita bisa jenguk ke sekolah. Berhubung aku nggak dijenguk, aku langsung ke kamar buat tidur. Sebelum tidur aku berniat minta makanannya Mbak Weni. Dia habis dijenguk kakaknya, dibawain satu plastik gede berisi snack. Tiba-tiba jendela kamar kita ada ngetok-ngetok!!! Padahal kamar kita paling ujung di lantai tiga lho! Lia dan Selva bilang ada tangan nenek-nenek. Kita teriak dan kabur keluar kamar.

KUNJUNGAN PANTI ASUHAN
Sore terakhir pesantren, kita mampir ke Panti Asuhan dimana gitu aku lupa. Hem kecil tapi mewah tuh tempatnya. Itu pertama kalinya aku ke panti asuhan lho. Masa pengasuh panti bilang anak-anak Nasima gendut-gendut. Sialan.

Hari terakhir ada pembagian zakat buat orang-orang kurang mampu yang tinggal di sekitar Puspanjolo. Acaranya bareng-bareng sama unit Playgroup, TK, dan SD.

pembagian zakat

Postingan berikutnya aku mau lanjut cerita soal pesantren ramadhan tahun 2005 dan 2006. Tapi digabung jadi satu aja ah biar enggak kebanyakan.

Tidak ada komentar: