29 Agustus 2010

Buku Penuh Makna

Berhubung ini lagi bulan Ramadhan, aku mau nulis review tentang buku-buku yang religius. Semuanya buku non fiksi. Empat jempol untuk masing-masing dari ketiga buku ini.

1. Jilbab dalam Pelukan Uncle Sam (Meidya Derni, dkk)
Buku ini yang paling aku suka dari semuanya. Berisi kisah nyata belasan perempuan Indonesia yang tetap berjuang untuk bertahan hidup di Amerika dengan susah payah karena tragedi WTC tahun 2001. Bagaimana perjuangan mereka ketika harus dipandangi dengan wajah tidak enak oleh masyarakatan Amerika, bagaimana mereka didiskriminasi, bagaimana mereka harus merasa ketakutan, dan hingga akhirnya mereka mendapat kebahagiaan yang setimpal atas perjuangan yang mereka lakukan. Salah satu ceritanya bisa dilihat di http://nurcha.wordpress.com/2008/02/08/jilbab-dalam-pelukan-uncle-sam/.

Kalau di-film-kan, jadinya akan seperti film My Name is Khan. Tapi seperti yang sudah kita ketahui, membaca buku lebih asyik daripada menonton film.


2. Jilbab Pertamaku (Asma Nadia)
Buku ini berisi kumpulan pengalaman berbagai penulis ketika mereka pertama kali mendapat keinginan untuk mengenakan jilbab. Banyak pengalaman mereka yang unik.

Salah satu cerita yang paling aku suka yaitu kisah seorang penulis yang waktu SMA dia ikut pertukaran pelajar ke Jepang selama satu tahun. Waktu itu sekitar tahun 90-an, dimana jilbab belum banyak dikenakan oleh masyarakat Indonesia dan Islam belum begitu dipahami masyarakat dunia. Perjuangan dia hidup di Jepang selama satu tahun bener-bener hebat!


3. Jangan Jadi Muslimah Nyebelin (Asma Nadia)
Ini buku non fiksi pertamanya Asma Nadia. Buku ini termasuk jenis buku pengembangan diri. Semacam buku untuk memperbaiki diri kita. Mulai dari memperbaiki penampilan fisik, sampai kelakuan kita.

Setelah baca buku ini, aku sadar ternyata banyak hal kecil yang kita lakukan tetapi menyakiti perasaan orang lain atau membuat orang lain ilfeel. Mulai dari kelakukan yang sok bossy, suka mengeluh, lelet, manja, dan celetuk-celetuk yang tanpa kita sadari bikin hari orang lain tersakiti.

Bagusss banget lah pokoknya buku ini. Kapan-kapan aku bakal nulis review khusus buat buku ini.



3 komentar:

penghuni60 mengatakan...

wah, spertinya seru2 tuh isi bukunya...

Nadia Azka mengatakan...

makanye beli sono

Riang Anggraini Rahmanisa mengatakan...

azka punya? pinjemmm ka..hehe kayaknya kerenn tuh yang jilbab dlm pelukan paman sam