07 Agustus 2010

Guru

Terinspirasi oleh novel Totto-chan yang baru selesai aku baca minggu lalu, novel itu bercerita tentang kisah nyata seorang anak perempuan bernama Tetsuko Kuroyanagi. Ia menulis tentang kehidupan SD Tomoe sekitar tahun 1944 dan novel itu didedikasikan untuk Sosaku Kobayashi, kepala sekolah yang sangat ia kagumi.

Salah satu guru yang paling inspiratif sejauh ini menurut aku yaitu Bapak Supramono atau Pak Pram. Beliau adalah mantan kepala sekolah ketika aku SMP, sekligus guru seni rupa.

ini fotonya hasil dari googling

Awal kekagumanku terhadap guru ini ketika upacara penerimaan murid baru saat aku duduk di kelas satu SMP Nasima. Cara beliau bicara dengan penuh semangat terlihat hebat. Suatu hari aku pernah melihat salah seorang temanku minum sambil berdiri. Pak Pram menghampirinya dan membawa dia ke depan sebuah kursi, kemudian berkata, "Minum itu baiknya sambil duduk,". Unik sekali cara beliau mengingatkan orang lain.

Suatu pagi ketika kelas dua SMP, aku baru sampai di sekolah. Aku lihat Pak Pram baru turun dari motornya dan berjalan di depanku. Aku jalan pelan-pelan. Tiba-tiba Pak Pram membungkuk dan mengambil sebuah daun yang jatuh di dekat tiang bendera, kemudian membuangnya di tempat sampah. Menurutku itu keren, disaat orang-orang nggak ada yang peduli dengan sebuah sampah daun yang jatuh di halaman sekolah, beliau ada rasa kepedulian untuk membuangnya.

Kelas tiga SMP, aku nggak terlalu sering melihat beliau karena beliau dapat beasiswa dan kuliah di Bandung. Sekarang apa kabar ya?





Tidak ada komentar: