06 November 2010

Tiga Tahun Blogging

Aku nggak tau kapan hari pastinya blog ini berulang tahun. Postingan pertamaku soal kegiatan Napak Tilas Hari Pahlawan, tanggal 10 November 2007. Seingatku, aku bikin blog ini pada jam pelajaran TIK, dan saat itu aku memakai seragam abu-abu, itu dipakai tiap hari Selasa, jadi aku kira blog ini lahir tanggal 6 November 2007. Tapi ketika aku lihat profilku di blogger, disitu tercantum bahwa aku bergabung dengan blogger pada bulan Oktober 2007. Jadi mungkin sebenernya blog ini lahir pada tanggal 30 Oktober 2007 (hari Selasa). Mudeng nggak?

Aku pernah menulis tentang sejarah blog ini pada edisi spesial ultah blog, tapi nulisnya telat karena aku kelupaan kalau blog ini ultah. Asal mula blog ini bisa dibaca disini. Oh iya alamat blog yang sekarang adalah nadiaazka.blogspot.com. Ini kedua kalinya aku ganti url. Sekarang (kayaknya) aku udah resmi tiga tahun menjadi blogger. Jumlah post sudah mencapai 258 entri, termasuk draft yang tidak dipublikasikan.

Blogging sendirian
Waktu jaman-jaman awal aku punya blog, belum banyak anak-anak yang suka blogging. Jadi aku cuma nulis tanpa mampir ke blog siapa-siapa. Jaman ini, aku cuma nulis kegiatan sekolah karena sekolahku sering melakukan kunjungan belajar/ kegiatan outdoor.

Tujuanku nulis disini bukan biar tulisanku dibaca orang banyak atau difollow orang. Aku nulis disini karena hobi dan niat untuk mengabadikan aneka momen dalam hidup, jadi blogging sendirian tetep seru. Kalau ada yang baca dan difollow orang, itu sebagai bonusnya. Yang penting nulis!

Dunia Blogger
Sekitar akhir tahun 2008, ada beberapa blogger yang mampir ke blogku dan meninggalkan identitas blog mereka di chatboxku. Salah satu dari mereka ada yang menulis "wanna exchange link?". Istilah excange/tukeran link maksudnya aku majang link blog dia, dan dia bakal majang link blogku. Tapi aku lupa nama orangnya.

Dari blog orang tersebut, aku mulai nemu "dunia blogger" yang selama ini aku cari-cari, menemukan aneka blogger yang saling bertukar link, comment post, dan berbagi cerita. Mereka dari berbagai daerah, ada yang dari Bontang, Solo, Bandung, bahkan luar negeri (aku inget namanya Clarita, dia orang Yogya yang tinggal di Saudi Arabia.)

Waktu jaman ini, aku mulai tau caranya pake old blogger template yang menggunakan kode html. Tinggal ambil dari www.blogskins.com dan kita edit sendiri. Itu website template blog yang paling lengkap dan keren, tapi sayangnya agak repot karena harus ngedit kode html. Saking banyaknya template lucu, aku sering gonta-ganti.

Suatu hari, blogger yang bernama Kak Pupuy bilang dia mau comment di blogku, tapi nggak bisa. Aku bilang itu gara-gara templateku pakai kode html. Kak Pupuy bilang seharusnya tetep bisa walaupun pakai kode html, dia nawarin mau ngajarin aku lewat YM buat ngedit kode html biar postingan kita tetep bisa dicomment. Berhubung aku nggak punya YM, Kak Pupuy dengan berbaik hati mau ngetik caranya di ms.word dan ngirim ke emailku. Baik ya? Kak Pupuy ini blogger Indonesia yang kuliah di Malaysia lho.

Selain itu, juga banyak temen blogger yang lain. Ada Pink alias Abel (dia juga kuliah di Malaysia. ahli desain, jago gambar, fotografi, dan puisi), Ririn (yang neneknya tinggal di Semarang), Melonrasaduren, Alvis, Gina (dengan postingan kebodohannya yang sama-sama pernah aku lakukan) dan masih banyak lagi. Bahkan ada blogger yang alumnus SMA 3 Semarang, aku kira dia anak kuliahan, ternyata umurnya udah 30-an. Dia punya peliharaan ular.

Di dunia blogger, ada kegiatan PR dan AWARDS. PRnya diforward dan diberikan kepada beberapa orang yang kita pilih, nanti mereka juga wajib jawab soal dari PR tersebut dan memberikannya lagi ke orang-orang yang mereka pilih. Begitu juga sistem AWARDS.

Sayangnya, ketika aku memutuskan untuk mengganti alamat blog dari thefundiary.blogspot.com menjadi nadiaazka.blogspot.com (awal kelas dua SMA), kita lost contact.

Blog temen-temen sekelas
Aku suka buka blog tiap pelajaran TIK. Akhirnya banyak juga temen-temen sekelas yang pada bikin blog juga. Kita gila, kita saling follow dan banyak postingan kita yang sama karena kegiatan kita memang sama.

Apa yang kita lakukan setiap ada kejadian "menakjubkan" di sekolah? Apa yang kita lakukan tiap habis pergi jalan-jalan bareng? Intinya setiap kita habis dapet suatu pengalaman bareng-bareng, kita bakal nyuruh posting satu sama lain. Kalau ada yang belum posting tentang kegiatan tersebut, kita bakal ngejar-ngejar, "Ayo dong! Tinggal kamu nih yang belom posting!".

Kita suka baca blog lewat hp bareng-bareng. Sering ketawa-ketawa baca kebodohan masing-masing. Atau ketika tulisan salah satu dari kita terlalu frontal, kita bakal ketawa dan bilang, "Gyahaha blogmu vulgar".

Rasanya seru kalau bisa melihat suatu kejadian nggak hanya dari sudut pandang kita, melainkan juga dari sudut pandang orang lain. Walaupun menulis tentang kegiatan yang sama, kita punya cerita masing-masing dengan detil yang berbeda.

Ketika akhir tahun ajaran, kita sedih karena nanti nggak bakal ada lagi cerita-cerita yang sama. Dan pasti nama-nama yang disebut nanti bukan lagi nama-nama kita, melainkan nama temen-temen baru. Hahaha jealous. Ya biarin lah. Biar ini jadi ciri khas kita.

Nasib blog ke depan
Aku dan temen-temen pernah berencana. Nanti kalau kita udah lulus SMA, blog ini bakal kita print, terus kita jilid. Kan jadi buku harian masa SMA. Keren kan!!! Tapi tiba-tiba aku mikir, gila aja ratusan entri di-blog kita harus diprint, apa nggak makan biaya banyak buat kertas dan tinta. Aku sempet mikir bikin scrapbook. Beberapa foto yang berkesan dicetak, dan bikin ringkasan soal masing-masing foto (nggak sebanyak dan sedetil di blog tapi). Hal ini aku utarakan waktu lagi ngobrol di BRT, seminggu yang lalu.

aku: daripada kita cetak ratusan entri di blog, kenapa ga bikin scrapbook aja.
ayu: lho jangan. ntar ga original. postingan kita kan lengkap.
rieza: iya lagian repot.
ayu: aku malah lagi cari-cari penerbit!
aku: mana ada yang mau nerbitin blog kita.
rieza: percetakan aja!
aku: ehiya bener!
rieza: ntar masing2 blog kita cetak agak banyak, trus tuker2an.
aku: ntar aku punya buku hariannya ayu, nonik, rieza, sarah, faila, riang, osy, nia, dll.
ayu: iya ntar bagiin ke temen2 yg lain juga, tapi mereka bayar kita hahaha.

Seru juga ya ide ini. Kami mau cari percetakan ecek-ecek (jangan yg mahal) buat nyetak blog ini sekitar sepuluh buku. Nanti blog temen-temen juga dicetak dan kita tuker-tukeran. Wah seru!!! Nggak papalah ngeluarin duit ekstra, daripada cuman di-print doang kan kurang bagus hasilnya. Eh jadi nggak sabar pengen lulus.

HAPPY BLOGGING!!!



Tidak ada komentar: