27 Desember 2010

Social Care (1)

Aku sama temen-temen sekelas ngumpul di depan laboratarium komputer (padahal nggak janjian). Kita nungguin anggota kelompok masing-masing. Kelompok yang dapet jatah Panti Jompo pada pake seragam batik dan bawa puding buat dibagiin ke eyang-eyang disana.

Kelompokku yang cewek janjian di sekolah dulu (kecuali Intan), kita mau nebeng Meika. Husein langsung ke panti, Moses nggak ikut karena masih di Bekasi. Udah feeling pasti hari pertama bakal telat. Padahal janjian jam tujuh, tapi jam setengah delapan masih belom kumpul semua. Kelompoknya Anisa & Aryo sibuk nelponin Aris dan curiga jangan-jangan Aris masih di Purwodadi (red: dia orang situ) padahal surat tugasnya dibawa dia.

meika: ngapain nungguin aris? emang aris bawa apa?
aryo
: bawa masalah


Wkwk. Kelompoknya Dani yang udah lengkap malah nggak berangkat-berangkat. Husein kasian di panti udah nyampe sendirian. Makanya pas Husein sms Meika dan tanya kita udah dimana, kita bohongin "udah on the way". Abisnya nggak tega kalo bilang "belom berangkat". Kita masih nunggu Vari yang kesiangan bangun.

Jam kerja kita dimulai jam delapan, tapi kita baru berangkat dari sekolah jam delapan hahaha. Untung jalanan nggak macet. Sampe di panti, kita heran kok suasananya sepi. Kata Husein, ibu ketua pantinya (Bu Salma) nggak ada di ruangan. Kamar-kamar juga keliatan sepi.

Tiba-tiba ada cewek yang keluar kamar, namanya Ulfah. Dia bilang Bu Salma lagi ke Purwodadi. Hahaha jangan-jangan dia lagi jemput Aris! Panti sepi karena banyak anak-anak yang pulang. Lho? Aku kira yang tinggal di panti asuhan itu anak-anak yatim piatu semua jadi pada nggak punya rumah. Ternyata banyak juga anak-anak yang kurang mampu dititipin disana dan mereka pulang kalau lagi liburan.

Shock. Kita kira bakal rame ternyata sepi. Lebih shock lagi waktu si Ulfah bilang di panti cewek cuma 10 orang yang nggak pulang. 5 orang lagi pelajaran tambahan di sekolah. Jadi yang di panti cuma ada 5 orang. Kita dianterin ke panti cowok. Sepi juga karena pada pulang dan disitu cuma ada tiga orang! Harusnya ada 10 yang nggak pulang. Yang 2 orang lagi pelajaran tambahan di sekolah, tau deh sisanya kemana. Anak-anak panti yang semula kita kira ada 115 anak yang ikut (sesuai data), ternyata cuma 8 anak yang ada.

Di aula, aku coba nyambungin LCD ke macbooknya Husein. Tapi ternyata nggak ada colokannya di macbook! Harusnya pake laptop normal aja. Setelah anak-anak panti yang ada pada ngumpul di aula, kita mulai acara garing ini.

Dimulai dengan pembukaan oleh Husein. Kayak pidato. Terus kita memperkenalkan diri, selanjutnya mereka yang memperkenalkan diri. Gila suaranya pada kecil-kecil banget. Terlalu kaku karena pake bahasa resmi. Yang bikin geli tuh mereka perkenalannya pake nyebut kelas di sekolah mereka. Misalnya, "Nama saya Bumbum Bimbim. Kelas 11 IPS 3 di SMA Bembem".

Kita main game tukar kertas. Gini caranya (copy dari laporan kegiatan):

Setiap anak panti diberi masing-masing kertas. Mereka menuliskan nama mereka di kertas tersebut. Kemudian kertas diputar dua kali ke kanan (berkali-kali), maka mereka akan mendapatkan kertas bertuliskan nama teman mereka. Mereka diminta menulis tentang sifat baik maupun sifat buruk teman mereka yang namanya tertera, selain itu mereka juga diminta menuliskan nama artis yang mirip dengan teman mereka serta pesan untuk teman mereka.

Ohiya soal mirip-miripan artis, kebanyakan dari mereka nulis si ini maupun si itu mirip Julia Perez. Ada juga yang dituduh mirip Dewi Persik. Gyahaha. Masa ada anak cowok panti yang dituduh mirip Rezky Aditya -_- Ada juga yang dikatain mirip Sule. Intan yang baru nyusul ke panti langsung shock mendapat kejutan bahwa anak-anak panti yang kita kira bakal ada 115 anak ternyata tinggal 8 anak!

Selanjutnya, kita nonton film "August Rush" lewat macbook berhubung LCDnya nggak bisa disambungin, lagipula cuma 8 orang anak pantinya. Agak ribet milih film yang cocok karena kita menghindari adegan-adegan "itu". Ya tau sendiri kan hampir semua film hollywood pasti begitu. Seinget Lulu, Intan dan Lita (yang udah pernah nonton), film August Rush nggak ada adegan yang vulgar. Tapi ternyata ada kissing & hugnya. Ya menurut kita emang biasa aja. Toh kissingnya nggak french kiss. Tapi anak-anak panti pada gimana gitu tadi. Hahaha.

Tadi ketua panti cowok yang bernama Slamet berdiskusi sama Husein. Lagaknya serius gitu. Tapi pas aku tanya Husein, dia malah ngekek sambil pasang muka gondok. Slamet ngajak mainan "game perkenalan". Sumpah aneh banget gamenya. Aku mau ketawa tapi harus balik badan dulu wkwk. Jadi gini caranya: Kita baris. Kalo si Slamet nunjuk Husein sambil bilang "merah", berarti Husein harus memperkenalkan orang yang ada di sebelah kanannya. Misalnya Lulu ada di sebelah kanan Husein. Berarti Husein bilang, "Ini namanya Lulu". Dimana asiknya -_-

Okelah selesai nonton kita turutin si Slamet. Meika bilang, "Yaudah sekarang giliran kalian yang ngasih game buat kita. Kan tadi kita udah ngasih". Gyahaha ini siapa yang social care sih? Ternyata beneran si Slamet ngelakuin! Dia berlagak jadi koordinator. Kita jadi peserta.

Selanjutnya kita main game konsentrasi (usulnya si Slamet lagi), game Go Back Jump (usul Lita) dan game Boom (usul Lita juga). Lumayan lah jadi lebih akrab sama mereka. Ya gini nih maksud kita tuh biar mereka anggap kita sebagai temen kita sendiri. Mereka minta besok kita datengnya siang aja biar anak-anak panti yang ikut partisipasi lebih banyak. Kan kalo siang yang pelajaran tambahan udah pada pulang.

Makanan yang dibawa Meika sisa banyak banget. Yaiyalah makanan untuk 115 anak! Sedangkan tadi cuma ada 8 anak! Padahal kita udah ngasih setengah dari makanan itu ke panti. Tapi tetep aja masih banyak sisa. Tadinya kita mau ngasih makanan ini ke pantinya Dani (deket sekolah). Tapi ternyata kegiatan social carenya Dani diundur karena anak pantinya terlalu sedikit gara-gara banyak yang pulang.

Aku liat banyak anak-anak kecil daerah situ yang lagi main bola di halaman panti. Yaudah kita bagi-bagiin aja. Ludes!!! Mereka heboh ngambil banyak (kita yang nyuruh sih). Abis itu mereka bawa temen-temen ke panti. Mungkin mereka bilang "Ada yang bagiin makanan". Tapi ternyata sekarang udah abis. Makanya ada yang bilang "Mana? Bohong ya kamu!". Hahaha.

Yak semoga acara besok sukses! (dan anak panti yang ikut lebih banyak juga :p)



Tidak ada komentar: