15 Desember 2010

Survey Social Care

Social Care adalah program pendidikan karakter dari sekolah yang wajib diikuti siswa kelas tiga. Kalau kelas satu ada Live In (tinggal di desa, jadi anak asuh), nah kelas tiga ini ada Social Care (kerja sosial di panti). Siswa dibagi jadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok harus kerja sosial di panti yang ditentukan sekolah. Ada yang di panti orang gila, panti anak cacat, panti jompo, dll. Kelompokku dapet yang standar, yaitu di panti asuhan.

Kelas 12 IPA 1 sampai 12 IPA 7 dijadwalkan social care tahap satu, tanggal 13-16 Desember 2010. Sedangkan 12 IPA 8 sampai 12 IPA 11, serta 12 IPS 1 & 2 dijadwalkan social care tahap 2, tanggal 27-30 Desember 2010.

Aku googling dan nemu tulisan kakak kelas mengenai social care mereka.
http://just-myownblog.blogspot.com/search/label/Sosial%20Care
http://ippaparazzi.blogspot.com/2008/12/panti-asuhan-nur-penggaron.html
http://blognyaavie.blogspot.com/2009/01/social-care-sma-n-3-semarang.html
http://tiw-uwi.blogspot.com/2009/01/experiencing-social-care.html

Minggu ini classmeeting yang paling nggak menarik seumur hidup. Hari ini cuma ada 11 anak yang masuk. Aku & kelompokku udah janjian mau survey ke panti asuhan yang jadi sasaran social care. Namanya Panti Asuhan Darul Hadlonah di daerah Mangkang.

Vari enggak berangkat. Intan lagi ujian susulan. Akhirnya cuma kita ber-enam (aku, Lulu, Meika, Lita, Moses, Husein) yang survey. Mangkang jauh banget. Macet, penuh truk besar. Pas sampai di panti, dari luar keliatan ada pendopo (bener nggak ini namanya), kalau aku bilang sih hall. Aku jadi inget, aku pernah kesini! Waktu SMP pas bulan Ramadhan, ada kunjungan kesini. Baca doa bersama di pendopo itu, tapi aku tidur wkwk.

Kita disambut oleh ketua panti, namanya Bu Salma. Kita diajak masuk ke ruang tamu panti. Lantainya basah-basah gitu. Ternyata mereka baru kebanjiran. Iya sih daerah Mangkang emang rawan banjir. Kita tanya-tanya soal anak-anak panti, relawan, kegiatan di panti, dan tentunya jam kerja kita.

Yang social care tahap satu, jam kerjanya mulai pukul 13.00-17.00 karena kalau pagi-pagi anak-anak panti pada sekolah. Sedangkan kita kan social care tahap dua, jadi jam kerja kita mulai pukul 08.00-13.00. Kan tanggal 27-30 anak-anak panti lagi libur. Bu Salma bilang, sebaiknya kita mengadakan kegiatan yang "bernilai ekonomis" wkwk nggak janji ya bu.

Kita diajak keliling panti cewek. Pada keluar kamar dan salim sama kita. Jadi enggak enak pada salim. Padahal banyak yang seumuran sama kita. Anak SMA di panti ada 50 orang lho. Oh iya waktu kita masuk ke ruang keterampilan, ada empat cewek panti (kayaknya seumuran sama kita) lagi ngobrol. Ada yang agak cantik, tapi mukanya agak jutek (kata temen-temen). Abis itu kita pamit pulang deh.

Sebenernya kita udah nemu kelompok tahap 1 yang pantinya sama kayak kita, yaitu kelompoknya Beti 12 IPA 2. Kata Beti, kalau perempuan yang social care disitu wajib pake jilbab. Tapi tadi pas kita survey, Bu Salma enggak bilang harus pake jilbab. Lulu bilang, "Kayaknya Bu Salma nggak bilang karena dia liat Meika itu cina". Hahaha masa iya.

Ehiya, hari ini ada kakek-kakek aneh gitu di depan sekolah. Dia pakai baju pramuka, bawa peluit, dan berlagak jadi polisi yang ngawasin daerah situ -_- Freak. Wkwk ternyata tuh kakek negur Nonik gyahaha baca deh blognya Nonik yang judulnya Polisi Nyasar.



3 komentar:

angie mengatakan...

wiiiii, udah soscare ya? enak tuh di panti asuhan, anak-anaknya katanya asik-asik..
kelompokku dulu di panti... eeeer, apa ya, panti tempat nampung orang-orang jalanan yang kelihatan 'gila' gitu, jadi serem..

Nadia Azka mengatakan...

anak kecilnya cm beberapa mbak. banyakan anak SMA-nya malah.

aku malah pengen di panti orang gila. kayaknya seru!

angie mengatakan...

kekekekeke~
orangnya emang lucu-lucu tapi kalo sampe lihat 'kotoran' di sana-sini... ugh *.*