25 Juni 2011

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Emang bener kalo dibilang masa SMA itu masa yang paling berkesan. Salah satunya, guru-gurunya! Berikut 5 guru yang paling berkesan dan memberi banyak pelajaran hidup menurutku:

1. Pak Narno (Fisika)
Ini guru yang super-duper paling berkesan. Beliau adalah guru mapel fisika waktu aku kelas dua. Bayangkan, setahun itu aku harus belajar mapel paling gila (re: fisika) dengan guru paling gila (re: Pak Narno). Pokoknya aku hampir selalu nggak ngerti apa yang beliau terangkan -__- Kalo lagi jelasin satu rumus aja sepapan tulis sampe penuh. Buku catetanku penuh, tapi isinya nggak nyantol samasekali hahaha.

Tiap mau masuk kelas fisika, pasti rasanya langsung deg-degan. Hal yang paling utama dipikir adalah, "Hari ini tanggal berapa?". Yap. Pak Narno punya kebiasaan begini, misalnya hari itu tanggal 22. Maka absen 22 bakal dipanggil maju untuk dikasih soal, selanjutnya Pak Narno bakal tanya tanggal lahir atau bulan lahir dari si anak absen 22. Kalau si absen 22 lahir tanggal 7, maka absen 7 harus siap-siap sekarat untuk ngerjain soal fisika di depan kelas.

Sejujurnya selama setahun itu aku nggak pernah ngerjain PR sendiri, cuma pernah ngerjain lima nomor, yaitu bab fluida (paling gampang kayak fisika SMP). Kebetulan bab itu yang ngajar adalah mahasiswa yang lagi KKN atau istilahnya PPL. Baru kali itu aku dan temen-temen ngerasa "tenang" tiap masuk kelas fisika karena nggak perlu deg-degan mikirin apa yang bakal dilakukan Pak Narno :P

Aku dan temen-temen sekelas juga pernah disetrap gara-gara nggak bikin PR wkwk. Entah pada nggak tau atau pada nyepelein. Aku sih samar-samar tau dikasih PR, tapi berhubung nggak bisa ngerjain yaudah wakaka. Akhirnya kita sekelas disuruh ngerjain PR diluar hahaha. Spesifikasinya ada di blog Rieza Amalia -> http://blognyarieza.blogspot.com/2010/01/hari-yang-super-heboh.html

2. Bu Mini (Sejarah)
Beliau juga guru waktu kelas dua. Yang paling aku inget dari kelas sejarah Bu Mini adalah... "tempat duduk belakang selalu penuh duluan". Kalo telat dan dapet tempat duduk depan itu rasanya kayak mau mati aja #lebaytapibeneran. Bu Mini juga hobinya ngasih pertanyaan lisan dengan urutan tempat duduk seperti ini:

bu mini: coba jelaskan tentang kerajaan blabliblu
nia: blebleble
bu mini: kok bisa? padahal kan oblo oblo? bagaimana itu?
nia: ublu ublu ... (belum selesai ngomong)
bu mini: lanjut ke sebelahnya!
nia: #gondoksetengahmati
ririn: obladi oblada
bu mini: ah itu sama saja kayak jawaban sebelumnya. lanjut berikutnya!
ririn: #pasrah

3. Pak Anwari (Agama Islam)
Beliau mengajar waktu aku kelas satu dan kelas dua. Pertama kali pertemuan, yaitu satu kata: degdegan banget. Sebenernya cuma disuruh baca ayat Al-Qur'an yang ada di buku paket. Bacanya urut absen dan waktu itu dari absen awal semua pada baca terpatah-patah saking groginya. Maka sampailah giliranku baca ayat yang paling susah. Badanku agak gemeteran karena grogi, mana waktu itu aku kesentor AC pula -__- makin gemeteran lah!

aku: ya ayyuha bla bla
pak anwari: mbak, kok kamu gemeteran? santai aja!

Ya ampun gimana nggak gemeteran kalo daritadi beliau sendiri yang membuat aku dan yang lainnya gemeteran. Huwaaa yah yaudahlah. Yang gilanya lagi waktu kelas dua, kita disuruh bikin mindmap mengenai materi, dan nanti beliau bakal nunjuk satu orang untuk menerangkan materi tsb di depan kelas. Dadakan amat.

Satu lagi yang aku inget hahaha, beliau pernah mengadakan ulangan dadakan mengenai materi tentang hukum jual beli Islam dan... nilainya jeblok-jeblok semua.

4. Mrs. Chris (Bhs Inggris)
Beliau mengajar kelasku waktu kelas satu. Nggak terlalu lama sih, cuma beberapa bulan. Disiplinnya tinggi. Kelas selalu diem tiap ada kelas Mrs Chris. Beliau salah satu guru yang bikin degdegan menurutku.

Beliau juga suka ngasih pertanyaan lisan. Tapi berbeda dengan Bu Mini yang ngasih pertanyaan urut tempat duduk sehingga bisa diprediksi, Mrs Chris ngasih pertanyaan acak. Sesuka beliau mau nunjuk siapa. Dan beda dari guru lain, kalau kita udah dikasih pertanyaan, jangan sangka udah bisa tenang karena Mrs Chris bisa aja menunjuk kita lagi.

Yang unik, kalau kita berhalangan masuk kelas beliau, kita harus bikin surat dengan bahasa Inggris dan dengan format yang sudah beliau tentukan.

5. Bu Etty (Bhs Indonesia)
Ini satu-satunya guru yang berkesan menurutku tapi nggak kiler, tapi lucuuu. Bukan karena suka melawak, bukaaan. Tapi tingkahnya itu lho hahaha. Beliau ngajar waktu aku kelas satu dan dua. Asik banget lah pokoknya!

Pokoknya asal tugas kita banyak tulisannya, menarik (banyak warna warni), dan cepet ngumpulnya, maka dijamin bisa dapet nilai diatas 9. Bu Etty juga gaul abis lho. Kita sering banget dibolehin nonton film selama pelajarannya asal tugas juga dikerjain. Bu Etty juga ikut-ikutan comment di foto-foto kontroversial kelas lho hahaha. Beliau comment gini: "Bokongnya Abraham kok kayak sapi perah?". Wakaka padahal itu bokongnya Ketchup alias Fadhil.

Oh iya beliau pernah "ketangkep" John Pantau waktu lagi nemenin murid-muridnya perpisahan kelas di water blaster!

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh guru SMA Negeri 3 Semarang, baik yang pernah mengajar saya ataupun tidak. Saya mohon maaf jika pernah berbuat salah. Saya minta doa restunya agar dapat melanjutkan pendidikan dengan lebih baik lagi :)

Tidak ada komentar: