09 Agustus 2011

Pra-MPKMB

MPKMB empat delapan
Kami datang menjadi penerus nusa bangsa
Di IPB membangun impian
Pertanian, masa depan, menggalang persahabatan

Mari kawan trus berjuang
Memajukan pertanian Indonesia

reff:
Kita akan tetap mengabdi, lakukan sepenuh hati
Tuk banggakan orangtua kita
Kita akan tetap berkarya, kerahkan sepenuh jiwa
Tuk tentukan masa depan kita
IPB empat dlapan!

Sahabat tani empat delapan
Keyakinan harapan meraih impian
Kami satu menjadi yang terbaik
Dan ingatlah hari ini bersama mimpimu

back to reff

MPKMB empat dlapan
Laskar tani IPB kita

back to reff

MPKMB
(Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru) itu semacam acara ospek kalau di kampus-kampus lain. Sebelumnya, aku kira ospek IPB itu kayak kampus lain yang nggak asik karena pasti bakal disuruh bikin tugas aneh, bawa benda aneh, berpakaian aneh, plus dimarahin kakak kelas bahkan nggak jarang ada yang melakukan kontak fisik (kekerasan). Sudi amat ye digituin. Orangtuaku aja bahkan nggak pernah nyubit aku, sudi amat kalo dikerasin sama senior cih.

Tapi setelah aku tanya teteh aku yang di IPB, MPKMB itu beda. Enggak kayak ospek kampus-kampus lain :) Alhamdulillah. Tapi aku pikir jangan-jangan garing kayak MOS waktu SMA dulu -__- Tapi lagi, ternyata ekspektasiku salah besar. MPKMB IPB SERUUU. MAU LAGI LAGI DAN LAGI.

Kami, mahasiswa baru angkatan ke-48 disebut "Sahabat Tani 48". Tema dan jargon MPKMB 48 adalah "Mari bersahabat. Cintai kampus kita. Bangun Pertanian Indonesia!"

Kita dibagi-bagi menjadi lima garda. Satu garda ada tujuh laskar tani. Satu laskar tani berisi puluhan mahasiswa. Tiap laskar tani dibimbing oleh empat PJLT (Penanggung Jawab Laskar Tani), dua KPK (Komisi Penegak Kedisiplinan), dan satu medis. PJLT ini baik, baik banget malah. Sedangkan KPK itu nggak pernah senyum dan selalu tegas. Dan medis bertugas untuk ngurusin mahasiswa yang sakit.

Sebelum MPKMB dimulai, ada tiga kali PRA-MPKMB. Tujuannya untuk sosialisasi, melatih kekompakan antar kelompok laskar, mengenal kakak kelas dan panitia, dan menyelesaikan tugas-tugas yang harus dibawa saat MPKMB.

Hari pertama, aku dateng telat. Ada perkenalan PJLT (Penanggung Jawab Laskar Tani), KPK (Komisi Penegak Kedisiplinan), dan Tim Medis. Oh iya, aku masuk di Laskar Tani 19 Horta, Garda 3 Produk IPB. Horta itu boneka yang bisa tumbuh rumput di kepalanya. Lucu lho.

PJLT laskarku namanya Kak Dini, Kak Hesti, dan Kak Isman. KPKnya serem abis, perkenalan tanpa senyum dan super garang. Namanya Kak Rizki dan Kak Rinrin. Tim Medis mah biasa aja, namanya Kak Nova. Selain itu, kita juga perkenalan selaskar (sekitar 80 orang kali ya) dan main games. Kita juga dikasih tau apa-apa aja yang harus dipersiapkan.

Hari kedua, aku telat lagi. Tapi ini mah gara-gara abis ikut seminar Star Wars. Khusus untuk peserta Star Wars memang diizinkan telat satu jam. Dari auditorium rektorat, kita dimobilisasi KPK menuju Masjid Al-Hurriyah yang super jauuuh dan langsung menuju Gymnasium yang super jauuuh juga mana lari-lari pula.

Ditanyain Kak Rinrin (KPK) soal bukti izin sms. Untung aku masih simpen smsnya Kak Hesti fiuuh aku nggak disuruh ngisi data pelanggaran.

Hari ketiga, aku nggak telat hehe. Tapi aku sakit :( Pusing karena flu dan batuk. Mana jauh banget pula jalan kaki ke pintu gerbang samping hiks. Tapi seru. Kita dibagi ke dalam beberapa kelompok, disuruh bikin jargon dan yel-yel laskar. Trus diadu dan tak disangka tak dinyana, kelompokku yang menang wkwk.

Selain pra-MPKMB, kita juga mengadakan temu laskar sendiri. Bikin tugas, latihan nari dan nyanyi theme song MPKMB, dll. Ihihi asik kan ada lagu dan tariannya segala.

Di buku tugas, kita harus minta profil PJLT dan KPK. Bingung deh minta ke KPK gimana, kan deg-degan gitu kalo kaku ya namanya juga Komisis Penegak Kedisiplinan. Akhirnya, KPK maunya ketemu putri tani dan putra tani untuk ngasih profil. Waktu dibacain profil KPK cowok yang mukanya garang itu, kita shock gara-gara alamat emailnya adalah "echakeb@xxx.co.id". Semua langsung nahan ketawa wuakakak masa KPK emailnya unyu-unyu hihihi.

to be continued...

Tidak ada komentar: