28 Agustus 2011

99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa

Bagi yang suka nonton acara Trans TV, pasti udah nggak asing dengan nama Hanum Salsabiela Rais. FYI, Hanum lulusan FKG UGM, tapi lebih memilih menjadi jurnalis dan reporter :)

Agustus 2011. Gramedia Pustaka Utama. Rp 69.000

Wahai anakku! Dunia ini bagaikan samudra di mana banyak ciptaan ciptaan-Nya yang tenggelam. Maka jelajahilah dunia ini dengan menyebut nama Allah. Jadikan ketakutanmu pada Allah sebagai kapal-kapal yang menyelamatkanmu. Kembangkanlah keimanan sebagai layarmu, logika sebagai pendayung kapalmu, ilmu pengetahuan sebagai nahkoda perjalananmu; dan kesabaran sebagai jangkar dalam setiap badai cobaan.
(Ali bin Abi Thalib RA)

20 Agustus 2011

Kunci oh Kunci

Aku mau cerita soal asrama (lagi). Jadi tiap anak kan punya kunci lemari dan kamar masing-masing yang harus dibawa kemanapun dia pergi. Tapi gimana kalau lupa?

Pernah suatu kali bu RT lorongku, yaitu si Siska, sebut saja Bu Ret. Si Bu Ret ini abis nyuci baju di kamar mandi dan nggak bawa kunci kamar. Setelah dia balik ke kamarnya mau ngambil hanger buat jemur baju, dia kaget gara-gara pintu kamarnya nggak bisa dibuka Alamak heboh, mana habis itu dia ada kuliah. Akhirnya Bu Ret nekat masuk lewat jendela padahal kamar kita kan di lantai dua -__- Dia numpang keluar lewat jendela kamar sebelahnya, merambat di genteng, dan masuk ke kamarnya lewat jendela.

Aku malah pernah kekunci. Jadi hari itu aku dapet jatah kuliah jam setengah tiga, ih lama banget kan bingung mau ngapain. Akhirnya sekitar jam sebelas siang aku dan beberapa orang ngobrol di kamar Nina, Usi & Dinda. Aku ngantuk, tapi males kalo tidur di kamar sendirian (semua temen sekamarku lagi pada kuliah). Akhirnya aku naik ke ranjang atas (punya Nina). Nina bilang tidur aja disitu nggak papa soalnya dia mau kuliah. Di kamar masih ada beberapa orang yang ngobrol dan akhirnya aku tidur aja.

Sekitar jam setengah dua, hapeku bunyi. Samar-samar kedengeran suara orang ngunci pintu, tapi aku diemin aja. Aku masih baca dan ngebales sms yang masuk. Setelah itu guling-gulingan sebentar karena masih ngantuk. Terus aku nengok ke bawah, lho kok udah nggak ada orang, pintunya ditutup pula. Aku langsung turun dan menuju pintu. EH PINTUNYA NGGAK BISA DIBUKA T_T Gimana iniii aku ada kuliah satu jam lagi dan belum mandi pula! Aku gedor-gedor tuh pintu minta tolong dikeluarin dari kamar.

aku: WOI TOLONG TOLONG. AKU KEKUNCI.
temen-temen: HAH? HUHAHAHAHAH.
aku: HEH CEPET KELUARIN AKU. AKU ADA KULIAH SEBENTAR LAGI.
temen-temen
: gimana cara ngeluarinnya, kita nggak ada kunci kamar ini.

aku
: tadi yang keluar barusan siapa? telfon deh telfon!

rete
: oh tadi si usi yang keluar mau praktikum katanya.

temen-temen: wuakakak

Langsung aku telfon si Usi.

usi: halo?
aku: HEH USI AKU KEKUNCI DI KAMAR KAMU WOI
usi: HUAHAHAH oh iya aku lupa tadi kamu tidur diatas.
aku
: buruan balik! aku ada kuliah sebentar lagi -___-

usi
: iya iya huahaha


Begitu Usi bukain pintu, semua orang langsung ketawa. Pokoknya jangan sampe ketiduran lagi di kamar orang, apalagi kalo mau kuliah ~

13 Agustus 2011

MPKMB 48


11 Agustus
Ada upacara pembukaan di lapangan belakang Gymnasium (untung deket). Rombongan mahasiswa pakai rok hitam, celana hitam, jaket almamater dan caping semua baris rapi teriak semangat yel-yel garda maupun laskar masing-masing. Ada panitia yang mengibarkan bendera gede masing-masing fakultas. Lagu theme song MPKMB 48 menggema. Kita nyanyi sambil nari bareng.



Ada sambutan dari Rektor IPB, Pak Herry, sambutan ketua panitia MPKMB, dan sambutan Presiden Mahasiswa, Kak Reza Pahlevi. Dan ada pelepasan balon juga.

Selanjutnya kita dimobilisasi ke Gedung Graha Widya Wisuda. Masih semangat teriak jargon dan yel-yel. Disana suasananya juga bikin semangat. Hari pertama ini tentang pengenalan kampus. Ada kuliah umum/ studium general dari Pak Rektor dan beberapa pengenalan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Paling ngiler liat prestasinya. Lomba ke luar negeri melulu.

Selesai sekitar jam satu siang. Sampe kamar langsung tepar.


12 Agustus

mobilisasi menuju Graha Widya Wisuda

Hari ini lebih seruuu. Apalagi kali ini di GWW, laskarku duduknya di tribun atas nggak kayak kemaren duduknya di bawah. Awal-awal acara, ada Foreu Band, pencipta lagu theme song MPKMB 48. Setelah itu ada Kak Ema, orang yang ada di video koreografi MPKMB 48 yang dipasang di website MPKMB.

Ada penyampaian materi dari Menteri Pertanian, Pak Suswono. Ada juga diskusi panel dari mantan Menteri Pertanian yang sekarang jadi guru besar di IPB, Pak Anton. Seru huahaha banyak banget yang mau tanya sama Pak Anton. Saking banyaknya yang maju ke depan, moderatornya jadi bingung.

13 Agustus

Kita dimobilisasi untuk kegiatan games. Laskarku dapet jatah di lapangan depan Student Center. Walaupun lagi puasa, tetep seru. Huahaha sinting bener waktu mainan hulahop. Abis acara games kita balik ke GWW buat shalat.

Acara selanjutnya dari LDK Al-Huriyyah. Ngantuk -___- Maap maklum kan emang jam tidur siang, lagi puasa, lagi sakit pula. Abis shalat ashar, kita lanjut ke lapangan belakang Gymnasium buat upacara penutupan dan buka puasa bersama.

Ada kejadian tak terduga yang bikin deg-degan. Nama-nama yang ketahuan memalsukan tanda tangan dan memfotokopi buku dipanggil ke depan. Ada sekitar enam orang gitu. Ih pasti malu banget dipajang di depan ribuan anak.

Tiba-tiba ketua KPK teriak ke arah peserta, "SIAPA DIANTARA KALIAN YANG TIDAK SUKA DENGAN KPK?". Beberapa anak angkat tangan, tapi cuma dua orang yang berani maju ke depan dan mengemukakan alasan.

Lagi, ketua KPK teriak, "APA MASIH ADA DI ANTARA KALIAN YANG MENYUKAI KPK?". Beberapa ada yang angkat tangan. Langsung mereka (KPK) bilang, "Bohong. Munafik!". Kita disuruh berdiri, pejamkan mata, dan mengucapkan ikrar. Selanjutnya kita disuruh balik badan, duduk, dan mata masih dalam keadaan terpejam. Tiba-tiba lagu theme song MPKMB 48 diputer dan begitu kita balik badan... seluruh KPK nari sambil senyum. Whatever akhirnya beres juga ini acara.

09 Agustus 2011

Pra-MPKMB

MPKMB empat delapan
Kami datang menjadi penerus nusa bangsa
Di IPB membangun impian
Pertanian, masa depan, menggalang persahabatan

Mari kawan trus berjuang
Memajukan pertanian Indonesia

reff:
Kita akan tetap mengabdi, lakukan sepenuh hati
Tuk banggakan orangtua kita
Kita akan tetap berkarya, kerahkan sepenuh jiwa
Tuk tentukan masa depan kita
IPB empat dlapan!

Sahabat tani empat delapan
Keyakinan harapan meraih impian
Kami satu menjadi yang terbaik
Dan ingatlah hari ini bersama mimpimu

back to reff

MPKMB empat dlapan
Laskar tani IPB kita

back to reff

MPKMB
(Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru) itu semacam acara ospek kalau di kampus-kampus lain. Sebelumnya, aku kira ospek IPB itu kayak kampus lain yang nggak asik karena pasti bakal disuruh bikin tugas aneh, bawa benda aneh, berpakaian aneh, plus dimarahin kakak kelas bahkan nggak jarang ada yang melakukan kontak fisik (kekerasan). Sudi amat ye digituin. Orangtuaku aja bahkan nggak pernah nyubit aku, sudi amat kalo dikerasin sama senior cih.

Tapi setelah aku tanya teteh aku yang di IPB, MPKMB itu beda. Enggak kayak ospek kampus-kampus lain :) Alhamdulillah. Tapi aku pikir jangan-jangan garing kayak MOS waktu SMA dulu -__- Tapi lagi, ternyata ekspektasiku salah besar. MPKMB IPB SERUUU. MAU LAGI LAGI DAN LAGI.

Kami, mahasiswa baru angkatan ke-48 disebut "Sahabat Tani 48". Tema dan jargon MPKMB 48 adalah "Mari bersahabat. Cintai kampus kita. Bangun Pertanian Indonesia!"

Kita dibagi-bagi menjadi lima garda. Satu garda ada tujuh laskar tani. Satu laskar tani berisi puluhan mahasiswa. Tiap laskar tani dibimbing oleh empat PJLT (Penanggung Jawab Laskar Tani), dua KPK (Komisi Penegak Kedisiplinan), dan satu medis. PJLT ini baik, baik banget malah. Sedangkan KPK itu nggak pernah senyum dan selalu tegas. Dan medis bertugas untuk ngurusin mahasiswa yang sakit.

Sebelum MPKMB dimulai, ada tiga kali PRA-MPKMB. Tujuannya untuk sosialisasi, melatih kekompakan antar kelompok laskar, mengenal kakak kelas dan panitia, dan menyelesaikan tugas-tugas yang harus dibawa saat MPKMB.

Hari pertama, aku dateng telat. Ada perkenalan PJLT (Penanggung Jawab Laskar Tani), KPK (Komisi Penegak Kedisiplinan), dan Tim Medis. Oh iya, aku masuk di Laskar Tani 19 Horta, Garda 3 Produk IPB. Horta itu boneka yang bisa tumbuh rumput di kepalanya. Lucu lho.

PJLT laskarku namanya Kak Dini, Kak Hesti, dan Kak Isman. KPKnya serem abis, perkenalan tanpa senyum dan super garang. Namanya Kak Rizki dan Kak Rinrin. Tim Medis mah biasa aja, namanya Kak Nova. Selain itu, kita juga perkenalan selaskar (sekitar 80 orang kali ya) dan main games. Kita juga dikasih tau apa-apa aja yang harus dipersiapkan.

Hari kedua, aku telat lagi. Tapi ini mah gara-gara abis ikut seminar Star Wars. Khusus untuk peserta Star Wars memang diizinkan telat satu jam. Dari auditorium rektorat, kita dimobilisasi KPK menuju Masjid Al-Hurriyah yang super jauuuh dan langsung menuju Gymnasium yang super jauuuh juga mana lari-lari pula.

Ditanyain Kak Rinrin (KPK) soal bukti izin sms. Untung aku masih simpen smsnya Kak Hesti fiuuh aku nggak disuruh ngisi data pelanggaran.

Hari ketiga, aku nggak telat hehe. Tapi aku sakit :( Pusing karena flu dan batuk. Mana jauh banget pula jalan kaki ke pintu gerbang samping hiks. Tapi seru. Kita dibagi ke dalam beberapa kelompok, disuruh bikin jargon dan yel-yel laskar. Trus diadu dan tak disangka tak dinyana, kelompokku yang menang wkwk.

Selain pra-MPKMB, kita juga mengadakan temu laskar sendiri. Bikin tugas, latihan nari dan nyanyi theme song MPKMB, dll. Ihihi asik kan ada lagu dan tariannya segala.

Di buku tugas, kita harus minta profil PJLT dan KPK. Bingung deh minta ke KPK gimana, kan deg-degan gitu kalo kaku ya namanya juga Komisis Penegak Kedisiplinan. Akhirnya, KPK maunya ketemu putri tani dan putra tani untuk ngasih profil. Waktu dibacain profil KPK cowok yang mukanya garang itu, kita shock gara-gara alamat emailnya adalah "echakeb@xxx.co.id". Semua langsung nahan ketawa wuakakak masa KPK emailnya unyu-unyu hihihi.

to be continued...

08 Agustus 2011

Together to be Better

Dalam beberapa postingan sebelumnya, aku udah pernah cerita kalau di IPB ini mahasiswa baru wajib tinggal di asrama selama setahun karena ada IP Asrama sebagai syarat wajib untuk menulis skripsi. Sedangkan bila IP Asramanya jelek, skripsi akan dipersulit.

Kali ini aku mau nampilin foto-foto kondisi kamar di asrama. Kamarku lebih tepatnya. Aku di asrama A3, lantai dua, lorong tujuh, kamar 361. Lokasinya enak.

Disini satu kamar berukuran tidak besar, oke sebut saja kecil. Isinya empat anak wow. Di dalam kamar ada dua ranjang tingkat, empat meja belajar beserta lampunya, empat lemari, plus tempat handuk. Dulu aku kira asrama itu nggak enak, tapi ternyata... enak banget!!!

Alhamdulillah aku dapet temen-temen sekamar dan temen-temen selorong yang asik. Oh iya tiap lorong punya satu perwakilan, namanya Bu RT. Dari lorongku ada Bu Rete Siska orang Pati yang edan. Tiap gedung asrama juga punya wakil yang disebut Lurah. Kenin, temen sekamarku jadi calon lurah lho. Dia menang 70% suara di A3, tapi belum dipastikan siapa yang jadi Lurah karena pemilihan disini nggak berdasarkan voting, tapi berdasarkan musyawarah.

Asrama itu enak. Sebagai sesama mahasiswa baru, apalagi yang baru pertama kali kesini, bukan orang Bogor, atau bahkan malah orang Papua, kita sama-sama nggak punya temen dan nggak tau harus berbagi sama siapa. Dengan adanya asrama, kita bisa bareng dan saling membantu.

Cari makan bareng, nyuci baju bareng, buka puasa bareng, sahur bareng, tarawih bareng, nonton film bareng, ngerjain pr bareng, aih aih seru deh pokoknya. Gimana coba kalo ngekos pasti bakal suwung abis.

Di asrama ada berbagai kegiatan rutin yaitu apel pagi, social gathering (soga) gedung, biasanya kalo ada info atau sekedar nonton bareng, soga lorong, ngalong (ngaji lorong), bolong (bobo lorong), dll. Selain itu juga ada ekstrakulikuler asrama.

Soal asrama itu horor memang benar. Kata kakak kelasku di A1 ada (dia ngalamin sendiri), beberapa orang juga bilang hati-hati kalau di A1. Sementara A2 dan A3 aman. Denger-denger di A4 ada juga tapi nggak tau cerita pastinya. Kalau di A5 (satu-satunya asrama yang jauh, deket hutan, dulu wisma buat anak Fakultas Kehutanan tapi skrg dipakai buat asrama) nih emang horor. Beberapa waktu lalu temenku dari Omda Semarang, Rahma, cerita sambil nangis karena dia digangguin. Rencananya kita mau ngaji bareng di kamarnya. Kalo asrama putra emang denger-denger banyak hantunya.

Semalem, beberapa orang lembur di kamarku buat ngerjain tugas ospek. Ospeknya mah enggak serem. Cuma seminar, games, dan lomba doang. Cuma tugasnya aja agak ribet, jadi sampe lembur deh ngurusnya. Aku yang paling duluan selesai karena udah aku cicil dari minggu lalu. Aku tidur jam setengah sepuluh. Setengah dua belas aku bangun dan mendapati mereka masih ngelembur, orangnya tambah banyak pula. Padahal lampu kamarku mati huahaha jadi kita cuma nyalain dua lampu belajar.

Ohiya balik ke topik awal, ini kamarku (dan Kenin, Cucu, Tika) selama setahun. Walaupun kecil, tapi yang penting nyaman dan senang :)

ini nih ranjang bertingkat

kasur Tika

kasur Cucu (sepreinya lagi di laundry)

catatan rumus landasan matematika di sebelah kasur Cucu

kasur Kenin

kasurku

lemariku

meja belajar Cucu & aku


01 Agustus 2011

Classmates Sebulan

kelas D2.2, matakuliah Fisika Umum
setelah acara motivation training