14 Juli 2012

Diusir dari Asrama TPB IPB

Pernah baca tulisan Raditya Dika yang judulnya Pindah? Tulisan tersebut bisa dikaitkan dengan keadaan kami saat harus pindah dari asrama ke kost atau kontrakan masing-masing.
Seminggu setelah Nyokap memberitahu kita bakalan pindah rumah, hidup gue diisi dengan memasukkan barang-barang di kamar ke dalam boks-boks. Di film-film digambarkan ketika kita akan meninggalkan dunia ini maka kenangan-kenangan hidup kita akan muncul bergantian secara kronologis, dari yang baru terjadi hingga ingatan yang paling jauh. Sama halnya dengan ketika gue akan meninggalkan rumah ini. Seiringan dengan gue merapikan barang-barang masuk ke dalam boks pindahan, kenangan-kenangan yang aneh-aneh di rumah ini puntimbul. - Raditya Dika, "Pindah" dalam buku Manusia Setengah Salmon.
Tanpa kita sadari, mungkin asrama ini sudah tidak cocok untuk kita yang nantinya akan masuk ke departemen masing-masing. Asrama ini mungkin akan terlalu ramai jika kita membutuhkan konsentrasi lebih untuk belajar matakuliah yang berbeda satu sama lain. Kamar kita menjadi terlalu sempit untuk mengerjakan tugas-tugas yang membutuhkan banyak ruang seperti penelitian tanah, serangga, daun, maupun makalah.

Iya, mau nggak mau, kita memang harus pindah.   

(foto-foto di hari pengusiran asrama)

kamar 361
aku foto bareng tulisan yang ada di depan kamar

suasana lorong, sisa barang-barang yang belum dibawa ke kost

rica/umi, oci/ucok, aku
bu RT dan nina

ayu nangis

lorong tujuh gedung A3, suatu pagi sebelum kuliah

Rasanya sedih. Nggak ada lagi bunyi alarm dari kamar sebelah. Nggak ada lagi suara air keran yang dahsyat. Nggak ada lagi suara telponan dengan bahasa daerah masing-masing. Nggak ada lagi ngumpet di kamar untuk bolos kegiatan asrama. Tapi aku bersyukur diberikan kesempatan untuk punya keluarga mulai dari Ucok asal Sumatera Utara, sampai Mega si gadis Papua.

2 komentar:

Alna Hotama mengatakan...

jadi kangen ma asrama ^^ http://alnaa08.student.ipb.ac.id

Nadia Azka mengatakan...

Kak Alna SR ngetop ya. Sering disebut sama temen-temen saya :D