20 September 2012

Greenpeace, Salam Hijau Damai

Liburan lalu, aku diajak Ayu untuk daftar jadi relawan di Greenpeace. Setelah lama menanti tindak lanjut dari pihak terkait, akhirnya suatu sore aku dapat telepon... "Halo, dengan Nadia? Kami dari Greenpeace Indonesia mau mengundang mbak Nadia ke kantor kami besok Sabtu pukul 11.00,"

peta lokasi, 100m dari stasiun Tebet.
Karena MPF, MPD, maupun pengisian KRS online-ku udah beres (alhamdulillah), aku pulang ke Jakarta  (ke rumah nenek) hari Jum'at pagi. Selain karena akhir pekan dan aku mau main ke Greenpeace, aku juga mau 'menyerahkan' laptop yang rusak untuk diperbaiki, sementara aku pinjem punya Yeyek (tante).

Besoknya, Utih (nenek) nyuruh aku berangkat naik ojek Pak Untung, tetangga depan rumah. Berangkat jam 09.30, ternyata jalanan lancar jaya dan sampe kantor Greenpeace pukul 10.00, kecepetan satu jam. Setelah ditanya satpam mau bertemu siapa, ngisi buku tamu, dan meninggalkan tanda pengenal, aku masuk ke kantornya.

Relawan yang datang berasal dari berbagai tempat. Ada mahasiswa dari UNJ, UIN, Trisakti, La Salle College. Selain mahasiswa, ada pula yang sudah 3 tahun bekerja. Banyak juga bapak-bapak yang berasal dari perumahan di sekitar sungai Ciliwung (karena minggu lalu Greenpeace membersihkan sungai Ciliwung bersama masyarakat sekitar).

Motivasi orang-orang yang mendaftar juga beragam. Ada yang mau cari pengalaman, ada yang gregetan melihat kondisi bumi dan pengen ikut andil perubahan, ada yang berniat melakukan penelitian bersama. Aku dapet banyak informasi dan pengetahuan baru. Bagi yang masih bertanya-tanya, aku kasih FAQ (frequently asked question) aja yah :D

Greenpeace itu apasih? Sering denger tapi belum tau.
Greenpeace adalah organisasi kampanye global, beraksi untuk mengubah sikap dan perilaku, untuk melindungi bumi, memelihara lingkungan dan mempromosikan perdamaian.

Kegiatannya ngapain aja?
Fokus utama organisasi Greenpeace adalah kampanye untuk menjaga lingkungan.

Kampanye? Serem dong?
Greenpeace dan organisasi cinta lingkungan lainnya memiliki tujuan yang sama, yaitu memelihara dan menjaga lingkungan. Namun untuk mencapai tujuan tersebut, banyak jalan, banyak cara. Cara kampanye adalah fokus yang dimiliki Greenpeace. Kampanye lebih bertujuan untuk menyadarkan masyarakat. Kampanye lingkungan yang dilakukan Greenpeace diantaranya seperti melakukan penelitian dan berusaha menghentikan perusahaan 'nakal' yang merusak lingkungan (untuk kampanye seperti ini biasanya bekerjasama dengan Greenpeace Asia Tenggara), bersih-bersih sungai, menanam pohon, mengadakan pelatihan kepemimpinan di alam, dll.

Siapa aja yang boleh ikut bekerja bersama Greenpeace? Dibayar nggak?
Siapa aja boleh. Karena bersifat sukarela, jadi relawan nggak dibayar.

Kalau jadi relawan tapi nggak bisa ikut kegiatannya?
Relawan nggak terikat. Jadi berhak menolak kalau tidak ingin ikut.

Begitukah kira-kira pertanyaan yang ada di benak kalian? Oh iya, khusus di Indonesia, Greenpeace punya adik lho, namanya Greenpeace Youth. Dikhususkan untuk anak-anak muda (siswa SMA dan Mahasiswa) yang peduli lingkungan. Koordinator dari Greenpeace Youth namanya Melody. Orangnya komunikatif dan seru. Aku kira udah mahasiswi gitu ternyata masih kelas dua SMA! Dia penyiar radio dan sudah aktif di Greenpeace sejak dua tahun lalu. Glek hebat deh, jadi malu sama diri sendiri yang belum melakukan apa-apa. Mulai sekarang harus bisa jadi orang yang bermanfaat dan nggak menyia-nyiakan waktu!

Info lebih lanjut bisa didapat melalui twitter @GreenpeaceID , @GPYouthID , dan http://greenpeace.co.id

Jangan lupa untuk mengurangi pemakaian kertas dengan memanfaatkan kertas bekas, bawa botol minum dari rumah, dan belanja menggunakan eco-bag untuk mengurangi penggunaan plastik mulai dari sekarang. Semoga berjalan konsisten karena improvement (perbaikan) dimulai dari huruf I (aku).

6 komentar:

umi trimukti mengatakan...

sukses ya kampanyenya heheh

Anonim mengatakan...

pencitraan nih lu kalem banget di blog. padahal di dunia nyata ekspresif dan enerjik.

Nadia Azka mengatakan...

@umi: kampanyenya dimulai dari perilaku sehari-hari yuk barengan makanya!

@anonim: ini darimana dan pencitraan buat apa pula.

Ulfah Muthi Afifah mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Mba, boleh minta kontaknya? Saya mau tanya tanya seputar greenpeace. Saya tertarik jadi volunteer tapi banyak pertanyaan utk registrasi di GPnya, boleh saya tanya tanya mba? Mohon maaf mengganggu.
Wassalamualaikum:D

Nadia Azka mengatakan...

Maaf saya bukan pengurus organisasi tsb, hanya sempat menjadi volunteer. Di website sudah tertera jelas nomor kantor Greenpeace yg bisa dihubungi.

Zeinandra mengatakan...

Usia minimal masuk greenpeace berapa ya?