04 September 2012

MPF, MPD, dan KRS

Ketika Masa Perkenalan Fakultas (MPF), Masa Perkenalan Departemen (MPD), dan Kartu Rencana Studi (KRS) Online dipadukan, kombinasinya sungguh tidak tepat. Hal ini mungkin dirasakan oleh mayoritas mahasiswa semester tiga di IPB beserta segenap senior yang tergabung dalam kepanitiaan MPF maupun MPD.

Masa perkenalan, atau yang lazim disebut ospek di kampus lain, masih harus aku jalani. Masih jaman? Institut, dimana mahasiswa baru masuk ke jurusan yang ia pilih di semester 3, maka masa perkenalan fakultas dan departemen/ jurusan juga baru dilaksanakan di awal semester 3. Tahun sebelumnya sudah ada Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) yang diorientasikan pada pengenalan kampus secara umum.

Dua bulan lalu, setelah ujian akhir semester dan sebelum liburan dimulai, 

Masa Perkenalan Fakultas Ekonomi dan Manajemen
Bertemakan ORANGE FEM yang merupakan singkatan dari Orientation for New Generation Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Seluruh maba dibagi menjadi 16 perusahaan/ kelompok dengan 2 orang senior yang menjadi penanggung jawab.

Masa Perkenalan Departemen Manajemen
Konsepnya menarik! Ceritanya, kami ini merupakan anggota dari Unite Corporation, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran. Mahasiswa Manajemen angkatan 48 dibagi menjadi 10 kelompok yang disebut company ditemani satu orang senior yang disebut sebagai advisor atau penasehat perusahaan. Dalam masing-masing company, ada jabatan-jabatan seperti general manager, sekretaris, bendahara, manajer produksi dan operasi, manajer pemasaran, manajer keuangan, dll. 

Setiap company diberi gehu (tahu kotak pedas berisi sayuran). Kami harus membuat produk inovatif dengan bahan dasar tersebut. Company aku namanya PT. Seasky Syalala dengan produk Shuju (saos tahu keju). Kami buat bisnis plan, presentasi, dan iklan berupa video.

Pada hari H, ada marketing games. Kami harus jualan produk kami di lokasi dan dalam jangka waktu yang ditentukan dengan laba setinggi-tingginya. Seru! Mulai dari satpam, tukang ojek, sampai anak-anak SD-pun jadi sasaran. Alhamdulillah laku semua.



KRS (Kartu Rencana Studi)
Pengisian KRS melalui sistem online dimulai pukul 09.00 tanggal 24 dan berakhir pada 31 Agustus. Aku stand by di depan ex-sekretariat TPB buat numpang wifi. Nggak berhasil-berhasil login! Aku pindah ke perpustakaan LSI, gagal login juga. Berhubung mau jumatan, pengunjung diminta keluar. Aku menuju kortan buat numpang wifi dan tetep gagal login. Udah minta dibukain Vanes, dibukain Adli, tetep aja si KRS menampilkan tulisan FATAL ERROR.






Tidak ada komentar: