17 Oktober 2012

Sanggar Juara dan Social Media Festival 2012

Akhir pekan ini, Sanggar Juara puasa mengajar dulu. Kami diundang buka stand di dua tempat. Di Agriphoria (acaranya Fakultas Pertanian) hari Sabtu (13/10) dan di Social Media Festival 2012 mulai hari Jumat (12/10) sampai Minggu (14/10).

Hari Sabtu sepulang kuliah, aku jaga stand di Agriphoria di Graha Widya Wisuda IPB. Adik-adik dari SDN Situ Leutik yang kami rutin kunjungi tiap Minggu juga diundang untuk outbound oleh panitia Agriphoria. Antusiasme mahasiswa, peserta seminar, dan tamu undangan cukup tinggi. Banyak yang tertarik untuk jadi anggota (dikira open for recruitment), berniat menyumbang buku, termasuk jadi donatur tetap.

Hari Minggu, aku berangkat ke Gelanggang Renang Senayan untuk jaga stand di Social Media Festival hari terakhir. Senayan siang itu bisa dibilang sangat panas karena matahari terlalu semangat berterik. Tapi tetep nggak mengurangi tingkat keseruan Social Media Festival di hari terakhir.

Artis dan musisi banyak yang berkunjung. Kalau hari sebelumnya ada talkshow film bareng Nicholas Saputra. Hari ini giliran Endah and Rhesa plus Barry Likumahua yang ngasih hiburan. Melanie Subono juga sempat mampir dan berfoto di stand Sanggar Juara lho.

spanduk Sanggar Juara
Aku jalan-jalan muterin stand-stand yang ada. Mampir sana, mampir sini. Ternyata banyak komunitas yang seru dan keren. Banyak komunitas yang hobi jalan-jalan macam Jejak Kaki dan Balibackpacker. Komunitas  filatelis, komunitas Parkour, dll. Aku mampir ke Komunitas Sahabat Pulau. Seru deh, mereka punya program One Youth, One Child. Programnya berbentuk kegiatan menulis surat sama sahabat pena, dan sahabat penanya itu adalah salah seorang anak yang tinggal di daerah terpencil di luar pulau Jawa.

di depan spanduknya komunitas Sahabat Pulau
Aku dipanggil kak Nina (senior di salah satu organisasi) ke stand @SaveStreetChildren. Rupanya Kak Nina ini aktif di komunitas ini juga. Waktu aku tanya kegiatan komunitas ini ngapain aja, Kak Nina nunjuk salah seorang temennya untuk ngejelasin. Tapi lho kok temennya kenal aku sih. Ternyata itu Rizqa Amalia, ALSTE 2011 (alumni SMA 3 Semarang). Sekarang Rizka kuliah di Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta, Jagakarsa.

Kembali ke Social Media Festival, selain puluhan stand komunitas, banyak juga berdiri stand beberapa toko online macam Gantibaju.com, Fimelashop. Barang-barang yang dijual bener-bener menarik, jadi hati-hati harus kontrol diri jangan sampai bertindak konsumtif.

Tees.co.id, kita bisa menjual desain kaos kita sendiri lho

stand Kartumuu.

Cerita dari Kak Gressa hari sebelumnya, dia dapet banyak souvenir dari aneka macam stand disana. Kaos, goodie bag, dll. Aku lewat stand Nescafe. Salah seorang SPG manggil, "Follow twitter kita dong! Ntar dapet souvenir gantungan kunci ini,". Cukup rempong juga karena kita harus follow twitter dan mention mereka pada saat itu juga melalui iPad yang mereka sediakan. Tapi enggak apa-apalah, demi sebuah gantungan kunci -_-

Selain para sponsor dari Nescafe dan Teh Kotak yang rajin bagi-bagi souvenir, komunitas-komunitas juga nggak kalah 'modal'. Selain kartu nama atau brosur, banyak juga komunitas yang menyediakan hadiah bagi pengunjung stand mereka. Aku dapat celengan dari @CoinAChance, majalah travel dari @DigicamINA, buku Koin Keadilan dari Salingsilang.com, buku tentang Maroko-Indonesia dari PPWI, bahkan bolu pisang dari @piknikasik (tapi aku ogah pisang tentunya).

beberapa souvenir
Usai magrib, kami resmi menutup stand. Tapi masih banyak aja yang mampir dan antusias mau jadi donatur, ajak kerjasama bikin kegiatan, pengen jadi relawan, dan lain lain. Terimakasih semuanya!

Mulai malam, artis-artis dan para musisi kembali bermunculan. Malam itu gilirannya Kikan, mantan vokalis band Cokelat, yang beraksi di panggung. Berhubung stand kami lokasinya paling deket dengan panggung utama, cukup duduk dan menikmati di kursi aja.

panggung utama social media festival 2012, kikan lagi nyanyi

Pulangnya dijemput om-nya Kak Ajeng di Senayan dan dianter sampai Dramaga. Alhamdulillah nggak perlu repot-repot naik kopaja - krl - angkot 03 - angkot kampus dalam. Seru! Tahun depan kalau ada lagi, harus mau ikut lagi ah.

Jadi, bagi yang tertarik pendonor untuk sang juara bisa hubungi @SanggarJuara. Donor bisa berupa donasi/ uang, sumbangan buku, atau sumbangan tenaga untuk mengajar di akhir pekan. Tunggu apalagi?

Tidak ada komentar: