12 November 2012

Tur Edukasi Bumiku Lestari bareng Tim Panda Mobile WWF

Akhirnya UTS berakhir. Sabtu, 3 November 2012, aku ikut jadi relawan di Tur Edukasi Bumiku Lestari bareng Tim Panda Mobile World Wildlife Fund (WWF) Indonesia.

Apa itu WWF?
World Wildlife Fund (WWF) Indonesia merupakan bagian dari WWF. Organisasi nirlaba ini bergerak di pelestarian global yang bekerja di 100 negara di dunia. Tujuan utama dari WWF adalah mencapai mimpi pelestarian yaitu mewujudkan dunia dimana manusia dapat hidup selaras dengan alam. WWF Indonesia tersebar tidak hanya di Pulau Jawa, melainkan juga di Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga Papua. Namun kantor sekretariat nasionalnya berada di Jakarta.

Apa itu Panda Mobile?
Panda Mobile ini berupa sebuah truk yang bisa dibongkar. Panda Mobile berkunjung dari satu tempat ke tempat lainnya (dimana mereka diundang) untuk melakukan kegiatan konservasi kecil-kecilan di area publik. Di dalam Panda Mobile terdapat perpustakaan, permainan edukatif, TV, laptop, dan kabin yang bisa dibuka menjadi area panggung untuk kegiatan seperti mendongeng, menggambar, dll.

Tur kali ini berlokasi di SD Salman Al-Farisi di daerah Cikaret, Cibinong. Sabtu pagi kami berangkat dari Dramaga pukul enam. Karena lokasinya sangat jauh dan entah berada dimana, Uci semalem googling dan menemukan bahwa lokasi SD ini berada di dekat Masjid Al-Barokah.

Kita naik angkot 32 ke arah Cibinong. Bisa dibilang setelah cukup lama, ada Masjid Al-Barokah. Turunlah kami disana dan mulai tanya-tanya penduduk sekitar. Rupanya kami nyasar. Lokasi yang kami maksud masih super jauh dan ini bukan Masjid Al-Barokah yang dimaksud google. Ya namanya masjid, namanya ya begitu-begitu mirip hahaha kebetulan sekali ya.

Singkat perjalanan, akhirnya kami sampai di Salman Al-Farisi Global Interactive School. Wah tadinya aku pikir sekolahnya cuma sekolah negeri biasa, ternyata sekolah swasta yang bagus. 

area Salman Al-Farisi Global Interactive School (ada tempat outboundnya segala)

Kegiatan dimulai dengan mendongeng di kabin Panda Mobile. Setelah itu dilanjutkan dengan menanam pohon dan mendaur ulang barang bekas (membuat tas dari koran, tempat pensil dari botol kemasan air minum, dll). Sekolah ini terletak di dataran tinggi dengan area yang luas, jadi enak untuk kegiatan outdoor. Kemudian ada sesi pemutaran film mengenai perburuan liar dan global warming. Penutupan dimeriahkan oleh penyanyi Oppie Andaresta.
Oppie Andaresta di Panda Mobile

Oppie Andaresta ini sedang meluncurkan album baru yang bertemakan dengan lingkungan. Lagu-lagunya diantaranya Pohon adalah Teman Kita dan Jangan Buang Sampah Sembarangan. Untuk itu, Oppie Andaresta bekerjasama dengan WWF.

Jadi relawan memang nggak dibayar dengan materi berupa uang. Tapi dapat banyak pelajaran dan pengalaman yang nggak akan ditemui jika hanya berdiam diri di kampus dan kos. Terimakasih WWF Indonesia (atas kesempatannya dan juga traktirannya di restoran padang hehe).

Kak Dian, Hana, aku
 Berminat mengundang Panda Mobile? Gratis lho. Info lebih lanjut bisa klik disini.

Tidak ada komentar: