21 Februari 2013

Daur Ulang Sampah bareng anak SMP-SMA Bogor

Hari ini aku dapet kesempatan untuk berkampanye mengolah sampah bersama anak-anak SMP-SMA di kota Bogor. Temen SMA-ku, si Momod (atau disini biasa dikenal orang sebagai Irvan), merupakan koordinator Earth Hour Bogor (EH  Bogor). Ada yang belum tau Earth Hour dan WWF? Cek langsung di websitenya ya http://earthhour.wwf.or.id . Earth Hour punya kampanye-kampanye rutin tentang lingkungan sebagai sosialisasi earth hour tanggal 23 Maret 2013 nanti.

Karena temen satu team ReAction aku si Ayu juga volunteer EH Bogor, jadi Momod menawarkan kami untuk mengisi salah satu sub-acara di school-campaign mereka. Kami mau isi dengan kampanye pengolahan sampah plastik. Untuk belajar membuat 'sesuatu' dari bekas bungkus minuman rupanya susah juga. Perlu kesabaran dan ekstra pemikiran buat menyambungkan satu satu bungkus itu.

Tadinya kami sempet kesulitan mencari bungkus minumannya, tapi setelah rapat bareng anak-anak EH Bogor rasanya lega karena mereka mau bantuin mengumpulkan bungkus bekas minuman. Yeay! Kami dapat banyak bungkus, lebih dari 130, dan bisa digunting menjadi dua bagian.

Acara hari ini dimulai pukul delapan. Tapi aku dan Ayu kuliah dulu dari jam 7-9, baru setelah itu menuju SMA 1 Bogor (lokasi kampanye). Alhamdulillah jalanan lancar, sempet bagi-bagi dan menata bungkus yang satu merek untuk dianyam biar cantik. Diluar dugaan, yang tadinya kami cuma mau ngajarin bikin kotak kecil, ternyata anak-anak ini pada antusias dan kreatif! Ada yang jadi kipas, dompet, mahkota, dll.

school campaign

Sebelum mengolah sampah bungkus minuman ini, mereka ada sesi diskusi kelompok untuk menentukan gerakan-gerakan kecil yang bisa dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian bumi. Apa aja ya? Selain hemat menggunakan listrik dan naik kendaraan umum, ada satu nih yang masih langka dilakukan anak muda jaman sekarang. Pakai ecobag! Ya, jangan lupa bawa tas (atau minimal plastik sendiri) ketika berbelanja untuk diet kantong plastik ya. Buat perubahan untuk lingkunganmu mulai dari diri sendiri.

salah satu kelompok. robot dari bungkus kopi dan ide mereka untuk menjaga kelestarian bumi

kipas dari bungkus kopi

Kami juga ber-flashmob ria dan foto membentuk angka 60+ bareng anak-anak SMP dan SMA yang jauh-jauh datang ke SMA 1 Bogor untuk menghadiri kampanye lingkungan yang super seru ini.Tanggal 3 Maret nanti, EH Bogor akan mengadakan mall-campaign di Eka Lokasari (Elos). Ini aksiku, mana aksimu?! *jargon

2 komentar:

Ida Yusnilawati mengatakan...

keren nih ;)
blogwalking

Dream Big!

Nadia Azka mengatakan...

makasih sudah berkunjung