05 Februari 2013

International Camp AIESEC LC UNDIP Part 1


Weekend kemarin (2-3 Februari), aku ikut acara seru yang diadakan oleh AIESEC Local Committee Universitas Diponegoro. Eh, apakah ada yang belum tahu apa itu AIESEC? Aku pertama kali tau mengenai AIESEC waktu SMA dari buku "Merah Putih Benua Biru"-nya Erditya Arfah.

AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales) merupakan organisasi mahasiswa global, non-politis, independen, dan tidak berorientasi pada profit. Tujuan AIESEC yaitu membentuk pemimpin muda yang berpengaruh positif pada lingkungannya. AIESEC sudah tersebar di puluhan negara, termasuk Indonesia (tersebar di beberapa universitas). Seperti keripik m*icih, AIESEC juga ada level/tingkatannya lho. Level awal disebut expansion, berikutnya official expansion, lalu local committee.

AIESEC LC UNDIP punya beberapa program untuk winter ini. Selain Sunshine Project (waktu itu aku mau daftar, tapi telat dan keburu tutup), ada juga Youngers Project. Nah, di Youngers Project ini salah satu kegiatannya adalah International Camp.

Kebetulan, aku dan empat orang temen juga mau ikutan project competition, salah satu kegiatan Youngers Project ini, dan dengan ikut International Camp kali ini, kami harap bisa dapet ilmu dan tips yang berguna buat eksekusi proyek kami nantinya. Sayangnya, cuma dua orang yang bisa ikut camp, cuma aku dan Ayu (dari Sukabumi). Yang satu sibuk, yang satu di Jawa Timur, dan yang satunya lagi di Jambi.

Tema International Camp-nya adalah Millenium Development Goals (MDGs). Apalagi tuh MDGs? Istilah MDGs sendiri cukup sering ditampilkan di berita-berita stasiun Metro TV, terlebih akhir-akhir ini. Jadi, MDGs adalah hasil kesepakatan 189 negara Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang mulai dilaksanakan pada tahun 2000. Tujuannya adalah tercapainya kesejahteraan rakyat dan pembangunan masyarakat pada 2015.

International Camp ini berlangsung selama dua hari di Wisma Sumbing, Balai Diklat Jawa Tengah, Semarang. Setelah berkenalan dengan beberapa panitia dan peserta, mereka heran karena ada peserta dari IPB. Kok rela jauh-jauh? Padahal emang rumahku di Semarang dan ini lagi liburan.

nostalgia asrama

Aku ditempatkan di kamar 102 bareng Mbak Yulia dari Universitas Negeri Yogyakarta, Natalia dari Universitas Diponegoro, dan Kim Hyeeon, salah satu Exchange Participan (EPs) dari Korea Selatan.

GRAND OPENING
Acara pembukaannya seru dan super unik. Darisini aku belajar banyak budaya di AIESEC. Ketika diteriakkan "Hey AIESEC!", kita harus menjawab "What's up?!". Ketika ditanya kabar, kita jawab, "Excellent!", dan ketika ditanya, "Is it cool?", dijawab, "Like a pool". Yang paling seru sih yaitu roll dance! Banyak macam-macam roll dance dengan lagu yang berbeda-beda. Ini salah satu contohnya:



AIESEC di IPB masih tergolong baru, yaitu masih ada di level expansion dan masih 'diasuh' sama AIESEC LC Universitas Indonesia (UI). Jadi walaupun di kampus ada AIESEC juga, aku belum paham apa aja budaya-budaya organisasi yang ada di AIESEC karena AIESEC IPB belum pernah mengadakan acara besar seperti ini dimana mahasiswa umum non-anggota bisa ikutan.

MDGs INTRODUCTION
Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Jawa Tengah menjelaskan mengenai MDGs di Indonesia pada umumnya dan Jawa Tengah pada khususnya. Kalau mau tau, cek disini aja ya sebagai gambaran umumnya.

LEARNING CIRCLE SESSION
Usai makan malam, ada dua sesi diskusi. Untuk sesi pertama, aku pilih bergabung dengan kelompok yang membahas isu kemiskinan dan kelaparan. Pemateri berasal dari Jaringan Rumah Usaha, foundernya Rhenald Kasali dan Sandiaga Uno. Untuk sesi kedua, aku pilih bergabung dengan kelompok yang membahas isu lingkungan. Pematerinya dari Kesemat. Di dua sesi diskusi ini selain banyak kenalan dengan para EPs dan dapet banyak ilmu, aku bisa banyak tanya dan diskusi dengan si pemateri terkait tips menjalankan sebuah proyek.

PINK PARTY
Selanjutnya ada "Pink Party". Kami harus pakai baju dengan nuansa pink! Ada beberapa games. Dan pada salah satu games, aku kalah dan harus dihukum di depan bareng temen-temen lainnya. Tengah malam, kami kembali ke asrama menuju kamar masing-masing buat tidur dan bersiap buat hari kedua!

pink party! aku ditengah :D

Tidak ada komentar: