05 Februari 2013

International Camp AIESEC LC UNDIP Part 2



Setelah hari pertama yang menyenangkan, ternyata hari kedua jauh lebih seru. Pagi ini pintu kamar diketok subuh-subuh oleh panitia yang bersuara, "Morning Call" berkali-kali sampe aku teriak YES, WE'RE ALREADY WAKE UP!. Menurutku suaranya serem, kayak kuntilanak. Hiii.

Setelah sarapan, opening plenary pagi ini diawali oleh Fun Team. Tim yang isinya bikin gosip dan membacakan to-do-list buat para peserta. Hahaha bener-bener menghibur, apalagi waktu para EPs dari Korea maju ke depan dan ber-gangnam style bareng-bareng.

Kami melakukan mingle-mingle (berbaur muter-muter), dan harus bikin kelompok dengan anggota 10 orang. Aku sekelompok bareng Anna dari Kanada, Mbak Infra (kakaknya Pristy, temen di Koran Kampus), Disti, Kak Febri, Boni, dll

HOW TO MAKE A GOOD PROJECT
Kami dapat materi singkat dan disuguhkan video mengenai apa yang bisa kita lakukan untuk membantu pencapaian MDGs. Mulai dari menyusun OGSM, timeline, budget plan, dokumentasi yang harus dilakukan, dll.

PROJECT SIMULATION
Saatnya melakukan simulasi yang seru banget! Kami diberi waktu 7 hari. Tapi di simulasi ini diibaratkan perhari adalah 7 menit. Hari pertama, kami harus menyusun jobdesk masing-masing. Hari kedua harus menemui pihak media partner, speaker, sponsor, venue. Hari ketiga kantor-kantor media partner dan hotel buat venue tutup. Hari keempat tim program (acara) sakit, dll. Paling susah waktu harus ketemu dan mengajak kerjasama pihak luar, bagaimana kita harus berargumen, melobi orang, dan membuat MoU, bagaimana kalau teman kita sakit, dst bener-bener melatih kita.

Tim aku kompak dan seru banget hahaha si Anna diajak ngelawak nyambung juga sama kami, sampe-sampe MCnya bilang "Seru amat sih ini kalian,". Kami dapet kesempatan presentasi di depan bareng-bareng.

SHARING
Kami mingle-mingle lagi dan buat kelompok lagi dengan orang yang berbeda. Dalam tiap kelompok ada EPnya dan kita bisa tanya-tanya mengenai negara mereka. Aku duduk di sebelah si Se Rim dari Korea Selatan. Dia ramah dan lucu.

bareng Se Rim dan Kak Kiki dari Jogja

Aku tanya apakah dia melakukan operasi plastik. Dia bilang dokter-dokter di Korea Selatan memang ahli dan kreatif karena sampai membuat paket-paket khusus untuk operasi plastik, tapi ia dan teman-temannya enggak ikut-ikutan. Se Rim juga bercerita betapa kagetnya ia waktu tahu masyarakat Indonesia sangat religius sementara di negara asalnya banyak yang tidak beragama termasuk dirinya sendiri.

Se Rim baru belajar bahasa Inggris dua tahun lalu karena ia bekerja sambilan di sebuah toko dimana banyak orang asing yang berbelanja, jadi bahasa Inggrisnya lancar deh. Di akhir sesi cerita, ketika salah seorang temen bertanya apa pesan yang mau ia sampaikan biar Indonesia bisa jadi negara hebat seperti Korea, Se Rim bilang, "Korea Selatan bukan contoh yang baik. Saya rasa Indonesia bisa jadi jauh lebih baik dengan menemukan caranya sendiri,".

DREAM SESSION
Usai makan siang, kami mingle-mingle (lagi) dan berkelompok dengan orang yang berbeda (lagi) dan entah kenapa kali ini sekelompok sama orang Korea (lagi). Namanya Mina Lee. Kami menggambar bersama. Mina ketawa dan mengomentari gambarku, "Hahaha apa yang mau kamu gambar? Kita sama-sama bingung ya," -___-

CLOSING
Di akhir acara, ada pesan-kesan dan tangisan haru dari panitia, peserta, serta para EPs. Aku enggak menganggap itu berlebihan, karena aku yakin mereka pasti super total buat melaksanakan program ini. Standing applause buat panitia yang cuma delapan orang ini. Seru, unik, ramah, dan dekat dengan para peserta. Beda sama tipe-tipe "kepanitiaan" yang selama ini pernah aku liat hehe. Ohiya si Uniek temen SMA tadi mampir juga, dia juga AIESECer tapi enggak ngurus program yang ini. Hahaha sempet ketawa ketiwi sama si Uniek juga.

sang-eun

Banyak pengetahuan, pengalaman, dan teman baru karena acara ini. Terimakasih AIESEC LC Universitas Diponegoro! You're cool, like a pool *sambil bikin ombak dari tangan :) 

foto-foto menyusul. 

7 komentar:

KURNIA AFSARI mengatakan...

dih kirain gajadi ikut,, aku pengeeeeeeeeen azkaaa

Nadia Azka mengatakan...

jadi dong nyak. kapan sih aku nggak serius haha. ini penghilang rasa sakit hati karena nggak bisa ke kampung inggris akibat libur terlalu singkat.

Rida mengatakan...

azkaa aku jadi makin nyesel gabisa ikut :(
tapi gaboleh nyesel ya, hehe.
semoga ada acara macam begituan lagi tp pas aku bisa ikut huhu.
Makasih yaa tulisannya, seenggaknya bisa ngurangin rasa penasaranku hehe

Nadia Azka mengatakan...

sama-sama rida. AIESEC UNDIP keren bgt kok pasti mereka ngadain acara yang bagus2 lg dan kamu ada waktu buat ikut insya Allah.

Riang Anggraini Rahmanisa mengatakan...

seruuu ik. .waah pengeen. :)

Replika Angan - angan mengatakan...

:) nice post. salam blogger

Nadia Azka mengatakan...

yuk rajin-rajin cari info. banyak kegiatan macam ini, tinggal pilih waktu dan lokasi yang tepat ajah.