21 Mei 2013

Main ke Coca Cola

Senin, 20 Mei 2013, aku berkesempatan untuk 'main' ke PT. Coca Cola Amatil Indonesia, Rancaekek, Bandung. Coca Cola memang fenomenal. Tahun ini Coca Cola menyandang gelar sebagai merek dengan nilai paling tinggi dan paling terkenal di dunia.

nuansa merah Coca Cola

Pada kelas manajamen pemasaran, dosen saya, Pak Jono mengajak kami menebak berapa nilai merek Coca Cola saat ini dan jeng jeng jeng... 50,2 miliar dolar Amerika! Mungkin sekarang sudah semakin meningkat. Kefenomenalan Coca Cola juga pernah aku baca di Majalah Marketeers edisi Februari lalu. Dalam satu lembar halaman artistik infografis yang menarik, banyak diungkapkan mengenai fakta-fakta dari minuman coke yang super terkenal ini.

126 Tahun. Usia sirup yang menjadi bahan penting pembuatan Coca Cola. Ramuan ini dibuat oleh apoteker bernama John Smith pada 1886.
4 Triliun Botol. Jumlah botol Coca Cola yang telah diproduksi hingga saat ini. 
94% populasi di dunia mengaku mengenal brand Coca Cola.
3500++. Jumlah portofolio minuman yang dimiliki oleh Coca Cola. Seluruh produk hadir dengan 500 jenis merek berbeda.
200. Jumlah negara yang menjadi target pasar Coca Cola. Logonya juga ditulis dengan 80 bahasa negara yang berbeda.
245.000%. Jumlah keuntungan yang Anda kantongi jika membeli saham Coca Cola sejak Initial Public Offering (IPO) pada tahun 1919 dan menyimpannya hingga kini. Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett, menjadikan Coca Cola sebagai saham favoritnya hingga kini.
9 gelas/ hari. Jumlah penjualan Coca Cola pada tahun pertama penjualannya. Saat ini Coca Cola dikonsumsi sebanyak 1 miliar botol per hari di seluruh dunia.


giant bottle

aku dan botol kaleng raksasa

Seru sekali melihat proses pembuatan dan mengetahui alur distribusi yang dilakukan oleh Coca Cola. Yang nggak kalah serunya adalah perjalanan di bus bareng temen-temen sekelas. Ada di bus A sejak perjalanan berangkat hingga pulang, tolong... nggak bisa berhenti ketawa. Mulai dari karaoke lagu normal, nonton Habibie Ainun dan Malaikat Tanpa Sayap, sampe main game jujur-jujuran yang menguak banyak rahasia yang nggak disangka. Terimakasih teman-temaaan.

Walaupun capek dan kurang tidur, tetap kuliah yeyeye!

2 komentar:

Dewi Robiana mengatakan...

cie cie azka yang main ke coca cola.... :D

Nadia Azka mengatakan...

kayak situ enggak aja derob -___-