02 Juni 2013

Kumpul-kumpul Komunitas

Semua berawal dari aktivitas aku mengikuti akun-akun twitter gaul yang kaya akan informasi. Suatu hari aku nemu pendaftaran acara Pre-Event Indonesia Community Network 2013 yang diadakan oleh pemudaoptimis.org. Aku kabarin Citra, manajer hubungan masyarakat-nya Sanggar Juara buat daftar dan ikut acara ini biar jaringan, pengetahuan, dan pengalaman kita meluas dan bisa didampak positifkan ke Sanggar Juara. Tapi sayangnya dasar Citra anak Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat yang turun lapang melulu, jadinya Citra nggak bisa dateng dan aku menggantikan. 

Kebetulan Sabtu ini aku dan Feber, pak ketua, bakal ada janji wawancara di Tebet sore harinya. Jadi paginya kami hadir dulu ke ICN 2013 di Hotel Novotel, Glodok. Berhubung Jumat siang aku pulang ke Jakarta, jadi berangkatnya misah karena Feber dari Bogor. Dan acara ICN 2013 bener-bener keren, gaul, mewah, dan... gratis!

ICN 2013 ini sebenernya bertujuan untuk menjadi wadah berkumpulnya komunitas se-Indonesia. Main event sendiri bakal diadakan 28-29 September 2013 nanti. Tiap komunitas bakal buka booth masing-masing. Yang serunya lagi, kami bakal nerbitin buku Do Nation bareng-bareng (aamin!). Tanggal 29 September 2013 nanti insya Allah juga bakal diresmikan sebagai Hari Komunitas Nasional.

Tiba-tiba, aku dapet kabar dari Devina, temen SMP aku. Lama banget kami nggak ketemu. Waktu SMA dia ikut kelas akselerasi dan sekarang kuliah di President University. Selama ini paling dapat kabar via twitter dan baca tumblrnya. Devina dateng mewakili komunitas Cewe Quat, dia juga jadi personal assistant-nya Bunga Mega, founder Cewe Quat yang juga Mentor di Young On Top.

devina

Hal nggak disangka muncul lagi, ada perempuan yang duduk di belakang aku dan manggil, "Azka yaaa?". Wah rupanya itu si Rizqa dari Save Street Child. Rizqa ini satu SMA sama aku dulu. Kami pernah ketemu di Social Media Festival tahun lalu. Pas istirahat, sebelum aku beranjak dari tempat duduk, ada lagi yang nyamperin dan manggil, "Azkaaa,". Yap, lagi-lagi ada temen SMA, yaitu si Lita dari komunitas Jenius (Jendral Hijau Nusantara). Mulailah kami makan siang bareng sekaligus reuni kecil-kecilan hahaha enggak nyangka deh!

Selanjutnya, kami dibagi ke dalam ruangan yang berbeda-beda sesuai dengan bidang yang digeluti masing-masing komunitas. Aku dan Sanggar Juara tentunya di ruangan pendidikan, barengan sama Save Street Child, Rumah Merah Putih, Sahabat Anak, Perkumpulan Hubungan Masyarakat Muda, Cewe Quat, Lingkar Ganja Nasional, English Optimizer, Kampung Engineering, dan Youth Acts For Indonesia. Kami dibagi jadi lima kelompok dan mulai diskusi bareng sesuai tema yang mau dibahas.


rizqa, lita, aku

sama Kak Fay, Bandung Berkebun

Usai FGD, aku dan Feber cabut menuju Tebet. Naik transjakarta menuju Pancoran. Kita mau ketemu kakak-kakak Indonesian Future Leaders (IFL) di Starbucks.

Beberapa hari lalu aku agak kecewa karena ditolak alias gagal seleksi berkas di IPB Goes To Field 2013. Aku daftar yang program Irigasi dan Pemetaan Lahan di Kalimantan sama program pengembangan software buat petani cabe di Lampung. Mungkin aku ditolak karena bidang studi yang aku ambil amat sangat nggak nyambung kali yah, soalnya yang dipilih semuanya anak Fakultas Pertanian. Alhamdulillah ditolak, Allah punya rencana lebih baik buat aku, contohnya kejadian kemarin dan weekend sampai akhir bulan ini sudah full-booked, terjadwal dengan baik hehe. Kalau nggak ditolak kan aku harus ikut kuliah lapang tiap weekend :D

Tidak ada komentar: