27 Juni 2013

Semester Empat!

Satu tahun Tingkat Persiapan Bersama (TPB) udah lewat. Satu tahun pertama di departemen Manajemen juga udah lewat. Di akhir semester empat ini rasanya super luar biasa. Selain usia yang semakin dekat menuju kepala dua, di tingkat dua perkuliahan ini perjuangan 'hidup' juga makin terasa dekat. Tapi asik dan seru banget!

Matakuliah mayor semester ini cuma lima biji, yaitu Akuntansi Biaya (Akbi), Manajemen Produksi dan Operasi (MPO), Manajemen Pemasaran (Manpas), Manajemen Keuangan (Mankeu), dan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Berhubung aku dan teman-teman harus lepas minor Ilmu Konsumen secara terpaksa, semester ini aku ambil mata kuliah supporting course yaitu Bisnis Internasional dari Agribisnis dan Pengantar Ekonomi Keluarga dari Ilmu Keluarga dan Konsumen.


pura-pura belajar di perpustakaan pusat

Kalo kata orang-orang, hidup itu asik kalau dinikmati. Makanya pilih konsentrasi kuliah yang sesuai dengan apa yang kamu mau. Sesusah apapun, sesulit apapun, kalau kamu suka, pasti kamu menikmati. Semester ini jauh lebih menikmati kuliah daripada semester-semester sebelumnya. Di kelas, dengan dosen-dosen profesional, kamu bisa menemukan banyak fakta di lapangan yang menarik.

"Oooh gitu ya,"
"Wah ternyata....,"
"Kayaknya seru deh kalo ntar aku penelitian soal ini,"

Otak dan hati nggak henti-hentinya manggut-manggut ketika dosen seperti Bu Farida cerita soal pengalamannya menjadi auditor, atau keheranan atas cerita Pak Ali soal PT. Hero yang nggak membagikan dividen kepada para pemegang saham selama bertahun-tahun, bahkan sedikit bergidik ketika Bu Erlin cerita bahwa ia selaku manajer SDM IPB sedang dipusingkan oleh karyawan yang menuntut institusi ke pengadilan.

Pengerjaan tugas MPO yang mengharuskan masing-masing kelompok turun lapang ke lokasi yang berbeda setiap minggunya, meskipun repot, tapi seru. Kami banyak berbincang-bincang mulai dari manajer Pecel Lele Lela hingga dengan mahasiswa angkatan 45 yang sudah punya perusahaan produksi tali sendiri. Pengerjaan tugas Akbi dimana kita harus menghitung Harga Pokok Produksi dan rupanya mayoritas usaha yang diteliti menetapkan HPP dibawah yang seharusnya alias defisit. Pengerjaan iklan Manajemen Pemasaran dimana kelompokku harus jauh-jauh shooting ke Bogor kota. Sampai diskusi beberapa kasus Bisnis Internasional yang berlangsung panas dan alot. Seru :D


Turun Lapang Matakuliah Manajemen Produksi dan Operasi; Analisis Lokasi dan Tata Letak Pecel Lele Lela

Kuliah emang seru, tapi nggak gampang dijalanin (macam iklan provider). Pengerjaan tugas-tugas jangan dikira lancar jaya kayak jalan tol bebas hambatan. Menyesuaikan jadwal dengan anggota kelompok, menahan keegoisan pribadi, bahkan menyesuaikan dengan cuaca dan koneksi internet kadangkala membutuhkan ketabahan yang lebih tabah daripada hujan di bulan Juni-nya Sapardi.

Momen-momen ujian yang mengharuskan begadang selama hampir sepuluh hari jelas nggak mudah. Sebagai orang yang nggak kuat melek sampai malam, aku harus selalu minum kopi kalau mau begadang untuk belajar. Titik terberat yaitu ketika ujian dua matakuliah dalam satu hari dan ketiduran walaupun udah minum kopi. Bahkan teman aku sampai minum kratingdaeng pagi harinya agar bisa melek setelah ujian untuk belajar demi ujian berikutnya. Aku juga pernah mengerjakan ujian dalam keadaan 'setengah sadar', buru-buru keluar dan pulang ke kosan lalu tidur!

Beginilah kehidupan akademik. Tapi tenang aja, kita nggak sendirian, ada temen-temen sekelas :)

H2! (awalan nomor induk mahasiswa kami)

foto-foto oleh Grace, Anjar, dan Okky.

Tidak ada komentar: