15 Desember 2013

Sanggar Juara Festival 2013


Februari 2011, aku ikut jadi pengurus dan kakak asuh/ pengajar di Sanggar Juara. Sanggar Juara adalah komunitas independen, tidak dibawahi siapapun dan apapun. Pada awalnya, Sanggar Juara memang merupakan program kreativitas mahasiswa yang didanai oleh Direktorat Jendral Perguruan Tinggi/ Dikti. Namun setelah itu, Sanggar Juara benar-benar independen.

Sanggar Juara fokus ke pendidikan anak usia 7-12 tahun dengan metode pendidikan karakter berbasis holistik. Target Sanggar Juara adalah anak-anak di Kabupaten Bogor. Mereka begitu dekat secara lokasi dengan IPB sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia, tapi akses mereka terhadap pendidikan yang berkualitas masih sangat jauh dari mudah. Hingga saat ini Sanggar Juara mengajar di dua titik, yaitu Situleutik dan Pabuaran. 

Sanggar Juara Festival merupakan kegiatan tahunan yang diadakan Sanggar Juara sejak tahun 2010. Tema tahun ini adalah Petualangan Sang Juara. Kami mengadakan pra-acara pada 8 Desember 2013 dan mengundang komunitas pendidikan anak se-Bogor untuk berkolaborasi, bermain bersama mencari harta karun.

Sementara puncak acara diadakan 15 Desember 2013. Konsepnya adalah talkshow dan penampilan dari adik-adik asuh Sanggar Juara berupa tari tradisional, tari modern, drama musikal, paduan suara, dan fashion show. Tahun ini tiket masuknya gratis! Terimakasih kepada Telkom yang menjadi sponsor utama acara ini :)

Kak Trian (pemenang Advan Young Movement), Bu Tati (pendiri Forum Indonesia Muda), Kak Yosea (pendiri Youth ESN), dan Kak Sisi (Runner-up World Muslimah) sebagai moderator

ramainya pengunjung
drama musikal; harta karun anak pesisir

Selain itu ada pembicara dari Pengajar Muda Indonesia Mengajar. Penampilan dari band Dennis and Non-Essential. Aku bertugas sebagai resepsionis bareng Nevvi. Ternyata capek juga ya tapi senang karena banyak pengunjung yang hadir waaaa terimakasih pengunjung!

meja registrasi

Terimakasih yang spesial untuk Pak Endriatmo, guru besar dari Fakultas Ekologi Manusia, yang menjadi keynote speaker di pembukaan acara. Aku nggak nyangka bahwa Beliau akan menghadiri Sanggar Juara Festival hingga selesai. Bahkan sampai mengajak kami makan di Galuga usai acara untuk evaluasi dan pembubaran panitia.

makan-makan di Galuga, rumah makan sunda, ditraktir Pak Endriatmo

Terimakasih kepada seluruh adik-adik Sanggar Juara, panitia, pengurus, steering committee, sponsor, media partner, pengunjung, pembicara, moderator, MC, pengisi acara, dan para donatur.

2 komentar:

Hana "Satu Bunga Dalam Kebahagiaan" mengatakan...

azkaa.. aku pengen aktif ngeblog lagii.. huhu

Nadia Azka mengatakan...

ayo haaan!!!