19 Januari 2014

Hujan, Banjir, dan Gerakan Mulut Sehat


Hujan berhari-hari, air menggenang, banjir dimana-mana.

"Rumah gue banjiiiir,". Sepenggal pesan singkat tengah malam masuk dari Fiona. Kemarin aku lihat di internet dan televisi, daerah Kelapa Gading, memang mulai tergenang air yang 'lumayan'. 

Jam lima pagi, hujan masih deras. Dingin. Aku masih terbungkus selimut sambil membaca pesan singkat lagi. Kali ini semakin banyak orang yang mengabarkan bahwa lokasi sekitar rumah mereka kebanjiran. 

"Depan rumah gue banjir selutut," - Indi.
"Jakarta Utara banjiir" - Via.
dll.

Hari itu ada kegiatan Gerakan Mata dan Mulut Sehat (GEMAS). Young On Top bekerjasama dengan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) dan Optik Seis di SD Negeri Utan Kayu Selatan 7 Pagi. Berhubung banyak teman-teman yang kebanjiran, jadi cukup heboh juga pagi-pagi. Apalagi para pegawai Optik Seis juga kebanjiran, alhasil batal-lah penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan mata.

walaupun hari libur dan hujan, anak-anak yang dateng banyak juga

Kegiatan tereduksi menjadi penyuluhan dan pemeriksaan gigi dan mulut saja. Terimakasih banyak teman-teman FKG UI. Mereka tepat waktu dan ramah-ramah. 

belajar cuci tangan yang baik dan benar
pemeriksaan dan pengobatan gigi

Beberapa anak terlihat takut ketika menunggu giliran diperiksa. Ada yang takut dengan peralatan yang terlihat tajam, takut giginya dicabut, takut giginya ditambal. Tapi anak yang satu ini malah mengintip dari luar ruangan, giginya sudah diperiksa dan bagus hahaha hebat!

anak bergigi sehat
Selain penyuluhan, pemeriksaan, dan pengobatan gigi dan mulut supaya lebih sehat, kegiatan selingannya antara lain bermain ecofunopoly dan tebak kata. Cerita menarik, ecofunopoly-nya gede banget dan dibawa oleh Kak Iqoh dan Divika spesial dari Bogor sambil sumpek-sumpekan di kereta. Kevin banjir-banjiran dan rumah, sempet jatuh dari motor gara-gara jalanan licin. Denny sepatunya dimasukkin plastik dan kehanyut banjir selama dia naik motor.

ecofunopoly, alas dan dadunya gede banget.

permainan tebak kata

usai main games

Nasib tukang motret, nggak ada banyak aku di hasil dokumentasi. Capek juga muter sana muter sini potret sana potret sini. Siang-siang, masih ada Dita yang nyusul habis ujian. Sarah nyusul dari Cikarang. Masih hujan padahal.

terlihat langsing ya. bye~

Kepulangan tertunda hujan deras di siang hari. Begitu reda sore harinya, aku dan temen-temen langsung menuju Plaza Semanggi untuk makan dan rapat. Malam hari ketika mau pulang, rupanya diluar hujan deras dan banjir dimana-mana. Emang ya dua barang yang wajib dibawa akhir-akhir ini adalah payung dan baju hangat. Selamat menikmati musim hujan!

Tidak ada komentar: