22 November 2017

Proses Medical Check Up (MCU) Standar

Baru-baru ini saya melakukan pemeriksaan kesehatan/ medical check up (MCU) di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (RS MMC), Kuningan, Jakarta Selatan. 

Sebelumnya saya mengajukan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Siloam Semanggi, namun jadwal pemeriksaan kesehatan disana sudah penuh pada tanggal yang saya inginkan. Jadilah saya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan di RS MMC saja.

Paket pemeriksaan kesehatan diatur oleh kantor tempat saya bekerja dan untuk usia 20an paket yang didapat dari RS MMC adalah paket dasar/ basic dengan biaya Rp 2.075.000,-. 

Jenis pemeriksaan:
  1. Pemeriksaan oleh dokter umum
  2. Pemeriksaan penunjang (EKG/ rekam jantung, foto toraks)
  3. Laboratorium
    • Darah perifer lengkap (gula darah)
    • Fungsi hati (SGOT, SGPT, GGT, Alkali fosfatase, Protein total, Albumin-globumin, Bilirubin total, Bilirubin direct-indirect)
    • Profil lemak darah (kolestrol, HDL, LDL, trigliserida)
    • Fungsi ginjal (urea, kreatinin, asam urat)
    • Serologi (VDRL)
    • Urin
    • Feses

Pap smear juga dapat dilakukan, namun dikhususkan bagi Anda yang memang sudah aktif secara seksual.

Sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, saya diminta berpuasa mulai pukul 22.00 dan mengambil sampel feses pada pagi hari pada wadah yang sudah disediakan.

Pemeriksaan kesehatan dimulai pukul delapan pagi. Saya diminta untuk mengisi biodata yang berisi riwayat penyakit, alergi, kebiasaan olahraga, dan hal-hal lain terkait kesehatan pribadi. Selanjutnya, saya masuk ke dalam sebuah ruangan bersama petugas kesehatan dan mulai melakukan pemeriksaan kesehatan dasar seperti:
- Pengukuran tinggi dan berat badan
- Pemeriksaan kesehatan penglihatan
- Tes buta warna
- Rekam jantung
- Pengambilan sampel darah

Setelah itu saya diminta mengambil sampel urin di toilet khusus pemeriksaan kesehatan. Dua wadah berisi masing-masing sampel urin dan feses (sudah diberi nama tentunya) diletakkan di dalam laci toilet tsb.

Kemudian saya diberi voucher untuk menukarkan sarapan di kafetaria. Ada tiga menu makanan (bubur, sandwich dan macaroni schotel) dan tiga pilihan minuman (kopi, teh, air mineral). Saya pilih macaroni schotel dan air mineral. Porsinya tidak besar, namun cukup mengenyangkan untuk saya yang berpuasa sejak pukul 22.00.

Pemeriksaan kesehatan dilanjutkan dengan foto toraks. Setelah itu saya diminta masuk ke ruangan yang berbeda dan bertemu dengan dokter umum untuk konsultasi. Sayangnya dokter tsb adalah laki-laki, jadi saya tidak berkenan untuk melakukan pemeriksaan yang cukup sensitif seperti payudara, dll. Selebihnya hanya pemeriksaan tekanan darah biasa dan pemeriksaan kesehatan pun selesai.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:
  • Gunakan pakaian dengan dengan yang mudah digulung untuk memudahkan pengambilan sampel darah.
  • Gunakan atasan dan bawahan, jangan gunakan terusan. Ketika foto toraks, Anda akan diminta untuk menanggalkan pakaian atasan termasuk baju dalam dan menggunakan pakaian yang disediakan.
  • Lepas kalung sebelum foto toraks. Sementara anting, gelang dan cincin boleh tetap digunakan.
  • Apabila Anda ingin memaksimalkan konsultasi dengan dokter dan memiliki preferensi dokter dengan jenis kelamin sama, maka sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu ke rumah sakit untuk menyesuaikan jadwal.
Pemeriksaan kesehatan paket dasar sangat sederhana. Saya kurang tahu kapan hasilnya dapat diterima oleh pasien apabila mendaftar secara pribadi, namun saya menerima hasil pemeriksaan kurang lebih seminggu (karena mereka mengirimkan ke kantor secara kolektif bersama hasil pemeriksaan karyawan lainnya).

Saya mengira hasil tes saya akan baik-baik saja seluruhnya, namun rupanya tidak hehehe. Dokter memberikan rekomendasi pola hidup apa yang seharusnya saya perbaiki dan kepada siapa saya sebaiknya berkonsultasi mengenai kondisi yang saya alami. Rupanya ada hal-hal yang tidak kita ketahui selama ini, maka pemeriksaan kesehatan secara rutin bisa jadi salah satu langkah untuk menghindari hal-hal yang tidak kita ingikan di masa depan terkait kesehatan. Salah satu teman saya yang bertubuh kurus baru mengetahui bahwa ia kekurangan suatu protein jenis tertentu sehingga mengakibatkan tubuhnya kekurangan lemak, maka ia dirujuk untuk menemui dokter spesialis.

Apabila kantor Anda menyediakan fasilitas pemeriksaan kesehatan secara rutin, luangkanlah waktu untuk menggunakannya. Apabila Anda self employed atau kantor tempat Anda bekerja tidak menyediakan fasilitas tsb, nggak ada salahnya untuk mengalokasikan dana untuk melakukan pemeriksaan kesehatan standar setidaknya dua tahun sekali.

hasil medical check up (buku berisi hasil pemeriksaan dan map berisi foto toraks)

Alternatif paket pemeriksaan kesehatan/ medical check up murah bisa Anda cari melalui situs penyedia promo seperti Fave, Lakupon maupun Dealoka. Saya lihat di Fave, paket pemeriksaan kesehatan (dengan spesifikasi sama dengan paket basic RS MMC) di Rumah Sakit Mayapada dibanderol dengan biaya Rp 300.000,- (diskon 71% dari biaya asli Rp 1.018.000,-). LINK

Semoga tulisan ini dapat membantu memberikan gambaran mengenai pemeriksaan kesehatan untuk kalian.

Tidak ada komentar: